Cara Memperbaiki Game WRC 10 Error Tidak Bisa Dibuka

Tutorial bagaimana cara mengatasi game WRC 10 tidak bisa dibuka baik karena Error saat startup ditekan atau akibat kesalahan bug berasal dari sananya juga. Sobat gamers apabila kalian bermain WRC 10, tapi berkendala silakan simak. 

Memang sebenarnya sobat tidak sendirian, sebab banyak pemain WRC 10 lain yang juga mengalami masalah game ini sulit diakses atau hanya sekadar dibuka untuk dimainkan pun sulit sekali rasanya. 

cara mengatasi game wrc 10 error tidak bisa dibuka

WRC 10 FIA World Rally Championship adalah video game balap mobil yang dikembangkan dan diterbitkan oleh developer KT Racing. Meskipun judul awalnya diluncurkan kembali pada tahun 2021, telah dirilis secara publik untuk Windows. 

Usai rilis, game ini langsung menerima ulasan yang sangat positif di Steam untuk versi PC dan para pemain sangat menyukai mode Multiplayer yang punya kesan realistis ini. Tetapi beberapa gamer menghadapi Masalah Game WRC 10 dengan notifikasi "WRC 10 Tidak Dapat Dibuka" di PC mereka. 

Jika sobat juga menghadapi masalah yang sama, pastikan untuk mengikuti panduan mengatasi masalah ini untuk memperbaikinya. Lebih tepatnya, hampir setiap game PC memiliki cukup banyak masalah atau bug atau kesalahan lainnya. 

Game WRC 10 tidak terkecuali di sini dan sepertinya sebagian besar gamer PC WRC 10 mengalami crash startup yang sama atau masalah game tidak terbuka sama sekali. 

Penyebab Game WRC 10 Error Tidak Bisa Dibuka

Mungkin ada beberapa alasan yang muncul di komputer sobat dan itulah mengapa game sering lag saat startup atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali. 

Misalnya seperti versi patch game yang belum update, versi driver grafis yang ketinggalan zaman atau build Windows, file game yang rusak atau hilang, Microsoft Visual C++ Redistributable yang tidak berfungsi, aplikasi yang berjalan di latar belakang (Background Apps) terlalu banyak dan tidak perlu, dll dapat menyebabkan beberapa masalah. 

Sedangkan beberapa pemain dapat mengalami masalah karena perangkat keras atau hardware PC yang tidak kompatibel atau background app yang menjalankan aplikasi overlay dalam game Steam. 

Bisa juga akibat software antivirus untuk keamanan laptop/PC memblokir file game untuk berjalan dengan baik atau bahkan menjalankan file yang dapat dieksekusi game tanpa akses admin dapat terjadi masalah startup crashing juga. 

Beberapa solusi cara memperbaiki game WRC 10 yang Error dan tidak bisa dibuka berikut mungkin bisa dijadikan referensi oleh sobat untuk mengatasi masalah serupa. 

1. Cek Spesifikasi WRC 10

Setiap game memiliki Minimum System Requirements atau spesifikasi minimal untuk menjalankannya supaya kompatibel dan tidak terjadi kendala hingga masalah yang mengganggu kenyamanan bermain di PC/Laptop sobat. 

Khusus game WRC 10, berikut ini spek minimum agar berjalan sempurna: 

Membutuhkan 64-bit processor dan OS. 
  • OS: Minimal Windows 10 (x64)
  • Prosesor: Intel Core i atau AMD Ryzen dengan 4 physical cores.
  • Memori RAM: minimal 8GB RAM
  • Kartu Grafis: Geforce GTX 770 atau AMD Radeon HD 7970 dengan 4 GB of VRAM atau lebih tinggi. 
  • DirectX: versi 11
  • Jaringan: Koneksi Internet memadai
  • Penyimpanan: 55GB ruang tersedia. 

2. Verifikasi File Game WRC 10 via Steam

Terkadang, memverifikasi integritas file game dapat dengan mudah memperbaiki game WRC 10 atau masalah terkait kerusakan ini pada PC Windows. 

Dalam beberapa kasus, masalah dengan file game yang rusak dapat menyebabkan sebuah game tidak dapat dijalankan. Untungnya, masalah file dalam game ini dapat diperbaiki dengan menggunakan launcher game yang sobat gunakan. Caranya sebagai berikut: 
  • Buka aplikasi Steam di PC sobat. 
  • Lalu masuk ke halaman Library
  • Selanjutnya klik kanan pada game WRC 10 dalam daftar video game yang sudah diinstall. 
  • Berikutnya pilih Properties, langsung masuk ke Local Files
  • Tap pada opsi "Verify Integrity of Game Files" (Verifikasi Integritas Berkas Game). 
  • Tunggu sampai proses verifikasinya selesai sepenuhnya. 
  • Ketika semua sudah dilakukan, saatnya restart PC atau Laptop sobat. 
Demikian panduan untuk cara mengatasi game WRC 10 error tidak bisa dibuka, mayoritas cukup dengan memperbaiki integritas file lewat Steam biasanya langsung selesai (Solved), selamat mencoba.