Cara Main Game Terraria di Linux PC Panduan Install

Akhir-akhir ini admin lagi cobain beberapa game menarik baik di PC, Smartphone atau PlayStation baik yang jadul sampai yang baru rilis. Kebanyakan memang game yang viral di kalangan streamer luar negeri, termasuk salah satunya Terraria ini. Apakah bisa bermain Terraria di Linux? Kita bahas disini ya sobat gamers. 

Terraria adalah game aksi-petualangan kotak pasir yang dikembangkan oleh Re-Logic yang mengadopsi genre Open Workld. Pada tahun 2011 silam, game ini pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows, dan sejak itu telah di-porting ke sejumlah platform lain, termasuk iOS dan Android. 

cara main game terraria linux pc

Akan tetapi ada banyak penggemar Terraria yang menunggu untuk bermain di PC Linux mereka. Di alam semesta 2D yang dibuat secara acak, pemain dapat terlibat dalam eksplorasi, kerajinan, bangunan, lukisan, dan pertempuran dengan berbagai monster. 

Umumnya, ulasan yang sangat baik diberikan kepada game Terraria, dengan pujian khusus diberikan kepada komponen permainan. Terjual di seluruh dunia lebih dari 35 juta kopi, game ini adalah salah satu yang paling membuat ketagihan. 

Jadi, seperti yang dikatakan sebelumnya, pemain dengan PC berbasis Linux memang ingin memainkan game ini tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan. Inilah panduan untuk membantu sobat sekalian. 

Apakah Bisa Install Game Terraria di Linux PC?

Banyak dari kita yang menggunakan Linux. Kami menyukai Terraria, tetapi menjadi membosankan tanpa dukungan Linux. Namun, kami berhasil membuat Terraria berfungsi menggunakan klien Steam di Linux. 

Meski begitu, sobat tetap harus menginstal klien Steam di distro Linux kalian. Apalagi Terraria sudah memiliki versi asli untuk Windows, Mac, dan Linux, jadi kamu bisa memainkan Terraria di Linux. 

Pertama-tama, yang sobat perlu lakukan ialah menginstal klien Steam yang berfungsi paling baik di distribusi Linux OS dan pastikan PC kamu sudah memiliki semua prasyarat untuk menjalankan Terraria. 

Nah, untuk sebagian besar game yang didukung oleh Steam, itu harus ditandai di perpustakaan (Library), dan sobat dapat dengan mudah membelinya, menginstalnya, hingga bersiap untuk bermain. Tetapi sebelum melakukan itu, ikuti langkah-langkah di sini sehubungan dengan Linux dulu. 

Install Steam di PC Linux Sobat

Pertama-tama, seperti yang dikatakan sebelumnya, sobat memerlukan Steam untuk memainkan Terraria di PC Linux. Menginstal Steam di PC Linux cukup sederhana, seperti biasa, kamu harus membukanya menggunakan: Ctrl + Alt + T dan ikuti langkah-langkah sesuai dengan yang diberikan di layar PC Linux serta memandu kalian lebih lanjut lewat tutoralnya. 

Steam untuk PC Linux Debian 

Aplikasi Valve paling cocok untuk menginstal Steam Client di Debian. Akibatnya, akan lebih baik jika sobat mendapatkan klien Steam resmi dari situs web resmi Valve. 

Bagaimanapun, kamu masih harus mengunduh beberapa paket sebelum benar-benar siap untuk menginstal Steam. Beberapa dari sobat kemungkinan sudah terbiasa menggunakan Linux karena sudah menggunakannya cukup lama untuk kebutuhan sehari-hari. 

Jadi kami menyarankan untuk menggunakan terminal  daripada mengunduh langsung dari situs web. Jadi kita akan mengikuti cara yang sama di sini menggunakan perintah wget. 

Cara Main Terraria di Linux PC Terbaru

Meskipun sobat sekarang telah menginstal klien Steam di PC Linux kamu, tapi masih harus membukanya dan masuk ke Akun Steam yang sudah dibuat atau registrasi terlebih dahulu ya. 

Jika sobat tidak memiliki akun Steam atau lupa kata sandinya, kami bakal buatkan artikel untuk memulihkan Akun Steam yang lupa password nanti. Setelah semuanya selesai dengan akun Steam, ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan cermat: 

Langkah 1: Setelah sobat login ke akun Steam kamu, klik Tombol "Store (Toko)". 

Langkah 2: Di toko, cari Terraria, ketik saja sesuai nama game.

Langkah 3: Setelah menemukan Terraria, tambahkan ke keranjang dan beli dulu jika sobay belum membelinya. 

Langkah 4: Setelah sukses membelinya, buka Steam Library dan temukan aplikasi game Terraria tadi. 

Langkah 5: Tombol "Install" berwarna biru seharusnya langsung ada di sana. Klik tombolnya dan tunggu beberapa saat tergantung pada kecepatan internet dan konfigurasi PC sobat. 

Itu saja, sekarang sobat telah berhasil menginstal Terraria di PC Linux Anda. Sekarang, kapan pun kamu ingin bermain Terraria, buka dulu Steam dan bersiaplah untuk bermain. Sesederhana itu memang.