Kenalkan Age of KITA, Game Paling Mirip Rise of Kingdoms

age of kita gameplay rise of kingdoms

Kenalan dengan Age of KITA yuk sobat. Sejak beberapa bulan terakhir banyak sekali pemain Rise of Kingdoms yang bertanya di forum, media sosial, dan seluruh penjuru internet terkait apakah ada game serupa mirip RoK sebagai pengganti. 

Entah kenapa mungkin ini agak lucu, bisa jadi Lilith Games sebagai developer Rise of Kingdoms memberikan jawaban kepada para pemain yang ingin hijrah ke game lain mirip Rise of Kingdoms. 

Review Age of KITA Game yang Mirip Rise of Kingdoms Buatan Lilith Games

September 2021 ini Lilith Games baru saja meluncurkan versi Beta Publik untuk Age of KITA. Mungkin banyak dari sobat sudah tahu ya kalau Lilith memang punya game lain seperti AFK Arena, Warpath. 

Tapi yang paling mirip Rise of Kingdoms ya hanya Age of KITA ini. Secara genre memang sama persis, yakni Real-Time Strategy (RTS). Bahkan gameplay yang dibuay sangat mirip. 

Mulai dari penataan kota, riset teknologi militer dan ekonomi untuk perang serta progres pengembangan CH. Oh iya, kalau di Rise of Kingdoms kita menyebutnya City Hall (CH), untuk Age of KITA itu penyebutannya HQ. 

Tampilan antarmukanya memang mirip, coba saja kalian buka bagian chat. Kalau di RoK namanya Kingdom Chat dan Aliansi Chat, di Age of KITA itu disebutnya Global Chat serta Union Chatroom. 

Kita juga dimanjakan oleh PvE dan PvP, dua sistem permainan ini tersedia di RoK. Bedanya di Rise of Kingdoms itu PvE melawan Barbarian, Guardian, Fort dan sejenisnya. Kalau di Age of KITA adanya Manhel Warband. 

Hanya satu yang membedakan Age of KITA dan Rise of Kingdoms secara mencolok, ialah perbedaan zaman. Jika RoK mengadopsi konsep era kerajaan zaman dahulu kala, maka Age of KITA atau AoT itu lebih modern peradaban masa kini. 

Saat awal bermain, bangunan utama atau HQ milik kita dilindungi oleh Bubble atau semacam Peace Shield di zona aman. 

Scout Camp diganti dengan Drone Hub Explorer. Beberapa yang ada di Age of KITA mengambil konsep RoK antara lain: VIP, Riset Teknologi, Aliansi/Union, Gems, melatih pasukan ada yang Infantry, tapi Cavalry, Archer, dan Siege diganti menjadi Hoverjet, Mech serta Work-Rig. 

Di RoK kita disebut sebagai Gubernur/Governor, nah kalau di Age of KITA ini sebutannya Commander atau Komandan. Ya, kita yang jadi komandan sekarang, bukan lagi Charlemagne, Saladin, Pakal, Cao Cao, Sun Tzu, Guan Yu, Amanitore, dan sejenisnya. 

Seperti yang sudah dibilang, karena game Age of KITA ini mirip Rise of Kingdoms tentunya ada Event menarik yang menunggu setiap harinya. Saya sendiri baru main kurang dari 30 menit dan lagi upgrade HQ ke level 7. Akankah sukses seperti RoK? Bisakah dijadikan alternatif Rise of Kingdom? Kita nantikan saja.