100 Fakta Dilraba Dilmurat Serta Biografi Lengkapnya

profil fakta dilraba dilmurat biodata

Selamat siang sobat, pada topik pembahasan kali ini kita mengulas fakta Dilraba Dilmurat atau yang sering disapa Dilreba. Seorang aktris terkenal berbakat asal China keturunan Uighur yang membintangi banyak film dan drama. 

Belakangan memang trending topik Weibo dihiasi oleh nama Dilraba, karena dia main peran cukup romantis. Selain itu dalam sebuah malam ajang penghargaan penampilannya yang begitu terbuka menjadi sorotan publik. Lalu siapakah Dilreba ini? Yuk simak. 

Profil Biodata dan Fakta Dilraba Dilmurat

Dilraba Dilmulat memiliki nama asli Dilireba Dilimulati (Mandarin: 迪丽热巴·迪力木拉提) sejak lahir memang murni demikian adanya. 

Dia lahir di distrik Urumqi, Kota Xinjiang, Tiongkok yang merupakan kota asal kelahirannya. Namun ia menghabiskan masa kecil, sekolah dasar dan SMP di Shanghai. 

Tanggal kelahiran Dilraba adalah 3 Junni 1992. Yang menandakan bahwa Horoskop atau Zodiak miliknya itu berarti Gemini. 

Dilraba memiliki seorang kakak dan dua orang adik, dibesarkan dari keluarga yang religius taat beribadah serta dikenal tetangga di sekitarnya selalu membantu walau situasi apa saja. 

Kini Dilreba tinggal di sebuah rumah mewah yang ada di kota Shanghai, tapi dia juga punya apartemen di Beijing. 

Pendidikan dan Perjalanan Karir

Walau sudah dikenal banyak orang hingga ke luar China, namun Dilraba tidak pernah melupakan mereka yang pernah membantunya hingga ke titik ini. 

Dilraba merupakan jebolan sekolah Akademi Teater Shanghai, Dilraba Dilmurat juga menimba ilmu di Northeast Normal University dan Xinjiang Arts Institute sampai mendapatkan gelar Sarjana Kesenian. 

Menurut penuturan Dilreba, dirinya sempat malang melintang ikut berbagai audisi mulai dari pencarian bintang iklan, casting figuran drama, berpartisipasi dalam sebuah majalah untuk jadi model sampul. 

Namun semuanya pada menolak dirinya, Dilraba juga pernah berada di titik terendah dalam hidupnya ketika sang kekasih ketahuan berselingkuh dan memutuskan mengakhiri hubungan keduanya. 

Sampai akhirnya Dilraba Dilmurat bercerita mengenai sosok seorang wanita yang mengubah hidupnya. Perempuan berinisial LX yang katanya tidak mau disebutkan namanya dalam wawancara apa pun itu banyak menolong gadis berambut hitam pekat ini. 

LX mengajak Dilraba ke sebuah lokasi casting, karena menurut LX ia mengaku melihat bakat terpendam pada wanita yang dikenalnya itu. 

Film, Drama, Lagu Single dan Acara TV

Entah bagaimana kisahnya, Dilreba ternyata lolos audisi dan memulai akting di sebuah drama TV berjudul Anarhan. Ini kali pertama dia main drama tapi langsung menjadi pemeran utama. 

Rupanya drama tersebut mendapatkan banyak apresiasi dan menarik minat masyarakat sehingga Dilraba masuk ke dalam nominasi "Serial Televisi Paling Fenomenal" di ajang Flying Apsaras Awards ke-30. 

Sejak itulah namanya perlahan mulai naik daun, Dilraba Dilmurat diundang ke berbagai program radio, acara televisi seperti Talkshow, musik, variety show, wajahnya kerap muncul di tabloid dan koran. 

Setahun berikutnya Dilraba naik derajat dengan menandatangani kontrak profesional bersama Jay Walk Studio yang masih menaunginya hingga saat ini dan kemudian perusahaannya membuat sebuah Web Series berjudul V Love. 

Pada tahun 2014 Dilreba mendapat pengakuan atas perannya sebagai Fuqu dalam drama aksi Swords of Legends yang juga sedang vural pada kala itu di negeri asalnya. 

Di 2015, ia kembali membintangi drama bergenre romantis komedi judulnya Diamond Lover. Lagi dan lagi, satu piala penghargaan sukses diraihnya atas kerja kerasnya selama ini. 

Dilraba menangkan penghargaan China TV Drama Awards dalam nominasi "Pendatang Baru Favorit Penonton", ia mengalahlan beberapa artis dan aktor yang juga sedang populernya saat itu. 

Kemudian setahun setelahnya atau tepat 2016, Dilraba main drama lagi yang membuatnya kembali menjuarai "Aktris Baru Terbaik" dalam malam puncak ENAwards atas perannya di serial drama. 

Selain itu Dilraba juga bermain serial TV Ladder of Love, Pretty Li Huizhen, drama Eternal Love, The King's Woman, Flame's Daughter, Sweet Dreams, Love Advanced Customization, Long Ballad, You Are My Glory, Blue Whisper, Legend of Anle, Backlight of Love, hingga Sound of Desert. 

Buat film yang dibintangi Dilraba di bioskop atau layar lebar tentu saja ada Fall in Love Like a Star, Mr Prise vs Miss Prejudice, Namiya, 21 Karat, Lost in Your Eyes, Live for Real, Come Across Love, Model dan Saga of Light. 

Sementara untuk acara variety show di telvisi, Dilraba pernah menjadi bintang tamu atau tokoh karakter utama yamni Go Fighting, Travel Feel The World, Keep Running, Produce Camp 2019 Mnet. 

Sampai sekarang, Dilreba sudah memiliki setidaknya 14 judul lagu yang menjadi single utama sejak dirilis pertama kalinya pada 2014 lalu serta banyak lagunya dijadikan soundtrack drama & backsound film. 

Pacar dan Calon Suami Buat Menikah

Popularitas Dilraba yang sedang dalam puncak karir membuatnya diterpa banyak gosip. Tidak sedikit pria yang dikaitkan punya hubungan spesial dengannya. 

pacar dilraba dilmurat suami menikah

Mulai dari pejabat politik, aktor terkenal, pengusaha tajir, CEO perusahaan ternama, sampai konglomerat China pernah dihubungkan jadi pacar Dilraba. 

Paling terbaru itu Huang Jingyu atau yang sering disebut Johnny Huang. Dia sekarang dikabarkan lagi dekat dengan Dilreba terutama saat dirinya rela hujan-hujanan mendatangi lokasi syuting Dilraba Dilmurat meski dia sendiri tidak ada peran, jadi bukan cinlok alias cinta lokasi.

Talent dari agensi Lucida Entertainment ini memang jadi idaman gadis remaja di China berkat wajah tampan dan karismatik. Johnny Huang juga punya total kekayaan yang ditaksir dua kali melebihi Dilraba. 

Johnny Huang bahkan pernah mengatakan bahwa apabila Dilraba menikah, calon suami yang harus mendampingi di sisa hidupnya adalah dirinya dan dia siap akan semua konsekuensi yang dihadapi. 

Selain Huang Jingyu, saat itu Dilraba Dilmurat pernah dikaitkan dengan Yang Yang. Aktor kontroversial sedang viral akibat perlakuannya pada mantan kekasih, dia cuma lawan main saja dalam sebuah drama. 

Lalu ada mantan striker klub sepakbola AC Milan, Alexander Pato yang berkeliling lapangan membawa poster Dilraba usai membawa klubnya menangkan pertandingan Liga Champions Asia. Ia mengaku naksir dengan wanita keturunan Uyghurs tersebut. 

Prestasi dan Piala Penghargaan

Ada banyak prestasi Dilraba yang diraih sejak debut besarnya 2013 silam. Ia sudah memenangkan total lebih dari 10 piala di berbagai ajang penghargaan industri film, drama, dan hiburan China. Berikut merupakan seluruh Awards yang didapatkannya

prestasi dilraba dilmurat penghargaan

2014 = Artis Baru - Fashion Power Awards. Model Inspiratif Terpopuler - Chinese Campus Art Glory Festival. 

2015 = Aktris Pendatang Baru Terbaik - 7th China TV Drama Awards.

2016 = Pendatang Baru Terbaik - China Britain Film Festival. Young Idol - Seremoni Kecantikan Cosmo ke-23, iQiyi All Star Carnaval, Elle Fashion Awards, Tencent Video Star, EN Award (Dilreba bawa 7 penghargaan di tahun tersebut).

2017 = Artis Terbaik - Puncak Festival Film dan Televisi Internet Shanghai. Mango TV Awards. Powerstar Award Ceremony. China Screen Ranking. Youku Choice Awards. Golden Data Entertainment (Dilraba raih total 6 piala)

2018 = Golden Eagle Mengagumkan & Artis Terpopuler - Festival Seniman Televisi Golden Eagle China. China Entertainment Index Award. Weibo V Influence Summit. Power Star Awards. Weibo Awards. Golden Tower. Cosmo Glam Night (Dilraba boyong delapan piala sekaligus).

2019 = Aktris Pilihan Penonton - Golden Phoenix Awards ke-17. Tencent Video All Star. Powerstar lagi. Jinri Toutiao Seremonial. (Setidaknya ada 4 penghargaan yang dibawa pulang)

2020 = Bintang yang Bersinar - Festival Film Internasional Busan Konten Asia ke-2. Weibo Awards. Tencent Video All Stars. Powerstar Award. (Empat piala lagi buat Dilraba). 

Secara total setidaknya ada 32 piala penghargaan yang sudah didapatkan. Prestasi Dilraba memang patur diacungi jempol, usaha kerasnya menjadi teladan bagi remaja di wilayah asalnya. Sempat ada rencana membuat mural oleh penggemar fanatik, tapi ditolak pemerintah setempat. 

Dalam peringkat majalah Forbes untuk kategori 100 Selebriti terkaya di China, Dilraba sukses menempati ranking 37 di tahun 2017, 2019 naik ke 16, dan 2020 di urutan 11. 

Situs web TC Candler pernah menobatkan Dilraba sebagai wanita tercantik dunia nomor 34, mengalahkan Gal Gadot yang menempati posisi ke-36 pada tahun 2019 meski hasil voting ditentukan berdasarkan jumlah Like Instagram ketika unggahan Dilreba mengenakan hijab / jilbab yang bikin dia makin cantik. 

Skandal dan Kontroversi

Sesaat setelah tampil dalam sebuah program siaran langsung televisi lokal untuk mempromosikan produk pangan di provinsi Hunan, Dilraba mengalami hal kurang menyenangkan. 

Ada seorang pria datang menghampiri Dilraba, mengelus pundaknya dan berlutut di depannya lalu menyatakan cinta kepada dia. Ya, lelaki tampan dan pemberani itu menyodorkan bunga serta cincin emas untuk melamar & mengajak idolanya nikah. 

Pria ini diduga sesosok stalker yang mengikuti Dilreba Dilmurat, sontak membuat petugas keamanan langsung naik pitam dan geram. Ia pun sempat dipukul oleh Satuan Pengamanan setempat. 

Sementara ekspresi muka kebingungan muncul di wajah Dilraba yang masih kaget, bingung, dan agak shock karena kejadian tidak terduga itu baru saja dialaminya. Wang Han yang jadi presenter bersama staf sukses melindungi perempuan berusia 29 tahun itu. 

Dalam akun IG, cowok itu mengungkapkan perasaanya bertemu dan menyentuh Dilreba secara langsung. Ia mengatakan bahwa Agama Dilraba Dilmurat dan dirinya masih sama, jadi dia yakin untuk melamarnya. 

Sejak kontroversi tersebut, bodyguard Dilraba Dilmurat ditambah satu orang. Ia juga menghentikan body guard sebelumnya, agency menambahkan pernyataan bahwa pihaknya akan menindak tegas siapa pun berani mengganggu talent mereka.