Cara Mengatasi Super Animal Royale Tidak Bisa Dibuka di PC

Tips dan trik cara memperbaiki game Super Animal Royale tidak dapat dibuka error pada PC. Super Animal Royale adalah video game battle royale online 2D 64 pemain di mana Anda harus mengalahkan hewan menggunakan gigi taring, cakar, senapan mesin melintasi taman safari yang terbengkalai. 

Seperti sobat gamers ketahui, game ini telah dirilis secara publik pada Agustus 2021 dan telah menerima ulasan yang sangat positif di Steam. Namun, beberapa pemain mengalami masalah dengan Super Animal Royale Crashing pada PC Windows cukup sering terjadi. 

mengatasi super animal royale error pc

Termasuk saya sendiri yang agak kebingungan menghadapi permasalahan game ini. Sampai akhirnya saya ketemu sesama gamers Super Animal Royale di forum yang memberikan sedikit solusi.

Jika sobat yang baca ini juga menghadapi masalah yang sama, pastikan untuk mengikuti panduan pemecahan masalah ini sepenuhnya. Di sini kita telah membagikan beberapa kemungkinan solusi yang ampuh untuk sobat terlepas dari semua kemungkinan alasan di balik masalah seperti itu. 

Ketika buka game Super Animal Royale muncul notifikasi error dan tidak bisa dibuka, atau masalah gagal memainkan game ini meski sudah terbuka di PC, cukup umum bahwa masalah terjadi di kalangan pemain. 

Penyebab Super Animal Royale Error Tidak Bisa Dibuka

Sama seperti game PC lainnya, Super Animal Royale juga memiliki cukup banyak masalah atau bug yang dihadapi beberapa pemain saat ini, terutama crashing pada game. 

Tampaknya build OS Windows yang ketinggalan jaman, driver grafis yang terlalu usang, masalah dengan file game, aplikasi yang berjalan di latar belakang, masalah dengan aplikasi overlay, dll dapat menyebabkan banyak kendala dengan startup yang macet dan lag di komputer Windows. 

Sementara itu, jika konfigurasi PC sobat tidak memenuhi persyaratan sistem game Super Animal Royale, kalian mungkin juga mengalami masalah game ini tidak bisa dibuka sama sekali. 

Selain itu, tidak menjalankan game sebagai administrator, masalah dengan perangkat lunak antivirus atau program firewall, versi patch game yang kedaluwarsa, masalah dengan layanan startup, dll dapat menjadi alasan lain. 

Solusi Cara Mengatasi Game Super Animal Royale Gagal Terbuka dan Error

Sebelum menuju ke solusi, pastikan untuk me-restart PC/komputer terlebih dahulu untuk memeriksa apakah masalahnya masih mengganggu sobat atau tidak. Namun, jika masalah masih berlanjut, pastikan untuk mengikuti metode di bawah ini. 

1. Periksa Spesifikasi PC Minimal yang Dibutuhkan Game

Di sini kami telah menyebutkan persyaratan sistem minimum untuk game Super Animal Royale sehingga sobat dapat memastikan apakah PC kalian kompatibel dengannya atau tidak. 

Butuh Prosesor OS yang 64-bit Minimal
  • OS: Windows 7 ke atas
  • Prosesor: Intel Core i3 dan di atasnya
  • Memori: 3 GB RAM tersedia minimalnya 
  • Grafis: 256 MB video memory, DX11
  • Jaringan: Koneksi Internet broadband
  • Penyimpanan: 900 MB ruang tersedia

2. Jalankan Game dengan Mode Administrator

Jika komputer sobat sudah kompatibel dengan persyaratan sistem game tersebut, maka harusnya kalian mencoba menjalankan file yang dapat dieksekusi sebagai administrator di PC kalian (Run as Administrator). 

Nah, ini adalah salah satu masalah paling umum yang dialami banyak gamer PC karena mereka tidak menjalankan program atau game dengan hak istimewa admin saat diminta oleh User Account Control (UAC). Untuk melakukannya simak langkah berikut: 
  • Silakan klik kanan pada shortcut game Super Animal Royale di desktop PC sobat. 
  • Sekarang pilih Properties, lalu cek pada tab Compatibility
  • Jangan lupa untuk ceklis di opsi "Run this program as an administrator", centang ya. 
  • Lalu klik Apply, dan tekan OK untuk menyimpan perubahan. 
Catatan: Pastikan untuk menjalankan Steam client menggunakan mode admin di PC sobat.

3. Update Windows OS ke Versi Paling Baru

Jika seandainya sobat belum memperbarui build OS Windows untuk sementara waktu, pastikan untuk melakukan hal yang sama. 

Dalam beberapa kasus, build yang kedaluwarsa atau banyak bug juga dapat menyebabkan beberapa masalah dengan sumber daya sistem atau bahkan program untuk berjalan dengan benar. Caranya sebagai berikut:
  1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka menu Pengaturan Windows. 
  2. Selanjutnya, klik Perbarui & Keamanan > Pilih Periksa pembaruan di bawah bagian Windows Update
  3. Kalau tersedia opsi buat update langsung saja install. Termasuk apabila ketersediaan Windows 11 di PC kalian.
  4. Tunggu hingga pembaruan selesai sepenuhnya, kemudian restart PC dan coba lagi. 

4. Cek Update Game Super Animal Royale

Sobat juga harus memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk game Super Animal Royale atau tidak. Pembaruan untuk memperbaiki error log, dapat dengan mudah memperbaiki banyak bug atau semua masalah stabilitas dengan game. Cara updatenya begini: 
  • Buka dan login ke Steam
  • Masuk ke bagian Library
  • Disini harusnya muncul game Super Animal Royale dan langsung klik game itu. 
  • Ketika sudah dibuka, tampilan antarmuka muncul dan periksa apakah ada update versi terbaru. 
  • Kalau ada pembaruan, biasanya tombol "Update" bakal tampil di layar berwarna biru. 
  • Sebaliknya apabila belum ada, tunggu Patch Notes terbaru berikutnya dirilis. 
Sekian dulu panduan cara mengatasi game Super Animal Royale error tidak bisa dibuka di PC dengan memperbaiki update OS Windows atau menjalankan game pakai mode admin saja.