Cara Memperbaiki Nintendo Switch Pro Rusak Akibat Stik

nintendo switch pro indonesia

Pemain merasakan kejanggalan ketika bermain, ada sejumlah masalah Nintendo Switch Pro, ternyata memang banyak yang mengalami hal serupa. Awalnya dugaan kuat bahwa penyebab utamanya ada pada kerusakan mesin. 

Namun setelah diselidiki, tidak sedikit controller Nintendo Switch Pro rusak bawaan pabrik alias malfungsi. Jika karakter dalam game sobat bergerak saat tidak menyentuh stik kiri, atau bidikan waktu main lambat dan terbatas pada satu atau lebih arah. 

Stik Nintendo Switch Pro kalian mungkin rusak, sesuatu yang disebut 'stick drift' atau hanya 'drifting'. Ini adalah saat ada sesuatu yang hilang di stik analog pengontrol dan itu tidak berfungsi seperti seharusnya. 

Drifting adalah masalah yang tidak dapat disangkal umum di Joy-Con Switch Pro, Lite atau biasa, sehingga juga dapat mempengaruhi Controller Nintendo Switch Pro. 

Meski demikian tidak berarti produk Nintendo murah atau jelek secara universal; drift adalah masalah yang dapat memengaruhi pengontrol mana pun di pasaran – bahkan Pengontrol Xbox One Series X & PS5 yang hebat pun tidak lepas dari masalah ini.

Kami sudah memiliki panduan tentang cara memperbaiki stik Nintendo Switch Pro yang rusak jika sobat membutuhkannya di pembahasan sebelumnya lebih lengkap, tetapi aturan yang sama tidak sepenuhnya berlaku untuk Controller Switch Pro. Karena topik tersebut lebih mengacu pada Switch biasa (non-Lite/Pro).

Meskipun langkah-langkah yang dirinci sederhana dan tidak terlalu menantang, kami harus menyatakan bahwa sobat mengikuti panduan itu dengan risiko kalian sendiri ya kaqan, kami tidak dapat bertanggung jawab atas setiap kesalahan yang mungkin terjadi. 

Kalibrasi Stik Nintendo Switch Pro 

Hal pertama yang pertama, dan kami tahu ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang, tetapi itu hanya jelas jika sobat juga tahu. 

Sobat tinhhal masuk ke menu pengaturan Switch Pro dan mengkalibrasi ulang stik yang rusak - biasanya bagian kiri tetapi kami tidak di sini untuk menilai. Buka Menu Beranda, navigasikan ke Pengaturan Sistem, gulir ke bawah ke bawah menu kiri dan pilih Pengontrol dan Sensor. 

Gulir ke bawah di bagian kanan layar dan pilih Calibrate Control Sticks karena disini kita berencana untuk melakukan kalibrasi. Menu popup kecil akan memberi tahu kalian bahwa perubahan pemetaan tombol apa pun yang mungkin telah sobat buat/kustomisasi akan dinonaktifkan sementara; pilih saja OK. 

Selanjutnya kamu harus mengklik stik yang bermasalah. Nah, sobat kemudian akan disajikan dengan layar yang menunjukkan bagaimana Switch Pro menafsirkan gerakan stick, putar stik pada porosnya, jentikkan ke sekeliling, secara umum rasakan bagaimana perilakunya. 

Jangan lupa juga pastikan untuk membiarkannya sendiri untuk sementara waktu. Jika analog bergerak tanpa sobat melakukan apa-apa (betapapun kecilnya), dan tidak dapat membuat rotasi 360º yang bersih dan mulus, atau kalau dia bahkan tidak ingin bergerak sepenuhnya ke tepi di beberapa area, artinya stik Nintendo Switch Pro bermasalah. 

Untungnya sekarang sobat berada di tempat yang tepat untuk menyelesaikannya. Tekan tombol X untuk masuk ke kalibrasi dan ikuti petunjuk di layar sebaik mungkin. Setelah itu selesai, jalankan melalui tes yang sama yang kami sebutkan sebelumnya seperti menjentikkan stik dan memutarnya. 

Apabila masalah tidak lagi muncul dengan sendirinya, sobat adalah salah satu yang sangat beruntung, dan tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Maka sukses memperbaiki Nintendo Switch Pro yang rusak diakibatkan controller bermasalah ini. 

Jika sobat gamers masih ragu mau memperbaiki Nintendo Switch Pro yang rusak diakibatkan controller ini, ada baiknya datangi tempat jasa service Switch terdekat.