Adakah Turnamen Profesional Rise of Kingdoms di Indonesia?

turnamen pro player rok rise of kingdoms

Apakah ada turnamen dan kompetisi Rise of Kingdoms pemain profesional Indonesia? Industri e-Sports yang kian banyak diminati masyarakat membuat pengembang game mobile menggelar turnamen nasional dan internasional. 

Jika di PUBG kita biasa menyaksikan kompetisi PMCO dan PMPL ID, atau Mobile Legends ada ajang MPL dan MDL. Turnamen bergengsi itu diikuti oleh para pro player tanah air yang ahli pada game tersebut dengan hadiah menarik. 

Bahkan hingga kini MPL sudah masuk musim ketujuh, awetnya kompetisi tersebut tidak lepas dari antusias pemain, developer dan semua pihak yang ikut serta terlibat di dalamnya. 

Bila sobat merupakan pemain Rise of Kingdoms mungkin pernah bertanya-tanya kira-kira ada atau tidak turnamen profesional RoK di Indonesia? Padahal kita ketahui ini juga game berbasis server seperti MLBB dan PUBGM. 

Jawabannya adalah: Tidak Ada. Namun bukan berarti Lilith sama sekali tak mencoba menggelar ajang turnamen. Beberapa kompetisi pertarungan berikut dianggap tak kalah meriah. 

1. Osiris League 

Pada dasarnya hampir semua hal sama seperti event Ark of Osiris yang diselenggarakan dua minggu sekali. Namun Osiris League biasanya dimenangkan oleh pemain dengan power besar dan aliansi yang kuat. 

Penyelenggaraan Osiris League sebagai turnamen profesional Rise of Kingdoms juga digelar maksimal setahun dua kali, terkadang hanya sekali dalam satu tahun. Hadiahnya juga lumayan keren dan terdapat banyak item eksklusif. 

Semua server kerajaan dapat berpartisipasi di Osiris League asalkan memenuhi kriteria dan syarat ketentuan kompetisi yang ditetapkan oleh Lilith Games. 

2. Lost Kingdom 

Inilah event yang paling banyak dinantikan semua pemain Rise of Kingdoms. Yaitu The Lost Kingdom atau Kingdom vs Kingdom (biasa disebut KvK). Dimana delapan atau lebih kerajaan berkompetisi dalam sebuah server yang dinamakan Lost Kingdom. 

Berbeda halnya dengan PUBG dan Mobile Legends yang membutuhkan skil, kelincahan tangan dan keterampilan strategi, Rise of Kingdoms tidak butuh skil khusus buat memenangkan pertarungan KvK. 

Semua pemain dari yang Newbie sampai Pro bisa ikut partisipasi baik membantu Kingdom dalam hal perang (War) atau push Honor Point KvK. Namun meski demikian dibutuhkan keahlian diplomasi yang baik. 

Biasanya diplomasi dilakukan oleh Kingdom Council (sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya). Delapan server jadi satu beradu kuat, kadang 4 vs 4, tidak jarang juga 3 vs 5. Semua tergantung pada diplomasinya. 

Tugas dewan kerajaan atau Kingdom Council adalah memilih dengan teliti kingdom mana saja yang akan menjadi Ally (sekutu) dan lawan di KvK. Dibutuhkan kerja sama dari ribuan pemain di tiap kingdom buat menjuarai KvK. 

Memang jumlah pemain dalam suatu Kingdom akan menentukan kesempatan juara KvK, banyaknya pemain tersebut harus diseimbangkan dengan kerja sama yang baik dan mematuhi peraturan Kerajaan selama event Lost Kingdom berlangsung.