Skip to main content

Adakah Cara Mengaktifkan NFC Samsung Galaxy M02 dan A02?

nfc samsung m02 a02

Sebagai ponsel entry-level yang mulai memikat perhatian masyarakat tentunya pengguna menginginkan fitur yang terbaik di kelasnya apabila dibanding dengan para pesaing. Belakangan tak sedikit yang bertanya-tanya apakah benar ada cara aktifkan NFC di Samsung Galaxy M02 A02 seperti yang beredar di forum. 

Selain forum XDA Developer, berbagai media sosial seperti grup Facebook dan kolom komentar Instagram akun yang membahas gadget pun diramaikan mengenai NFC Samsung A02 & M02

Jika sobat bertanya seberapa penting fitur NFC pada smartphone, zaman serba digital dan modern ini semuanya memang harusnya sudah lebih praktis dan mudah. Seperti contohnya mengecek detail informasi soal kartu e-Toll cukup tempelkan ke bodi HP yang sudah support NFC. 

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah Samsung Galaxy M02 dan A02 udah mendukung NFC? Jika iya, bagaimana cara mengaktifkannya? Apa membutuhkan aplikasi tambahan atau tidak? Berikut faktanya: 

1. Klaim bahwa Samsung Galaxy M02 & A02 mendukung NFC disampaikan oleh pengguna forum XDA yang kemudian jadi heboh. 

2. Berdasarkan lembar spesifikasi baik di situs web Samsung, GSMarena dan konter HP, bahwa Galaxy M02 tidak support NFC. 

3. Sebuah smartphone akan dinyatakan memiliki NFC jika sudah disematkan sensor tersebut baik dalam bentuk hardware (peranti keras) atau software (perangkat lunak). 

4. Tidak ada bukti bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat menjadikan sebuah ponsel non-NFC menjadi bisa memiliki NFC. 

Memang harus diakui penggunaan NFC kian hari makin dibutuhkan masyarakat era modern. Namun setidaknya hingga awal 2021 ini ponsel yang berbasis NFC itu rerata kelas mid-range atau di atasnya. 

Meski demikian bukan tidak mungkin di masa mendatang saatnya smartphone entry-level atau semua segmentasi juga punya sensor NFC, jika berkaca dari fitur unggulan terdahulu yang cuma dimiliki HP flagship saja. 

Demikian pembahasan kita kali ini tentang isu mengaktifkan NFC Samsung Galaxy M02 dan A02, terlepas dari sensor tersebut smartphone ini masih sangat direkomendasikan untuk kalian user Android umumnya dan pecinta produk Samsung khususnya.