Cara Menghilangkan Kebosanan Saat Main Rise of Kingdoms

mulan rise of kingdoms talent build rok

Sebagai game bergenre RTS yang jarang terjadi pertempuran, Rise of Kingdoms disebut merupakan game online yang membosankan bagi sebagian orang. Tidak sedikit pemain yang entah hiatus atau berhenti bermain karena merasa bosan. 

Hampir tiap Gubernur di Rise of Kingdoms mungkin pernah atau sempat mengalami kebosanan. Bagaimana tidak, dengan banyaknya aturan atau rules yang dibuat staf Kerajaan bikin pemain kurang leluasa. 

Ada yang bilang, RoK adalah game perang yang tidak bisa berperang. Maksudnya, perang antar pemain di Rise of Kingdoms cuma terjadi saat-saat tertentu saja. Misalnya di event The Lost Kingdom. 

Selebihnya pemain terpaksa harus berhadapan dengan sistem PvE (Player vs Environment) alias melawan komputer seperti Barbarians, Guardian, Benteng Barbarian Fort dan sebagainya. Sehingga bagi gubernur yang jarang atau hampir tidak pernah melalukan PvP (Player vs Player) akan kaget ketika pasukannya diserang lawan. 

Nah, apabila sobat termasuk pemain cepat mendapatkan rasa jenuh saat bermain Rise of Kingdoms, berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar tetap bisa menikmati permainan ini. 

0. Bikin lebih dari satu karakter utama - Kita semua setuju, KvK adalah alasan kuat bertahan main game Rise of Kingdoms. Dimana semua drama terjadi, perang tanpa henti, psywar di LKC yang memanas tiap hari, rewards bertebaran.

Saya sengaja membuat akun alternatif, bukan akun farm. Bisa dibilang sub-akun di kingdom berbeda yang tujuannya menjadikan dia sebagai pelarian. Jadi misalnya di akun utama 1 bosan tanpa kvk (Offseason), maka akun utama 2 sedang menjalani kvk. 

Pergilah ke server kerajaan yang berbeda dan cukup jauh. Dalam hal ini saya main di 1382 dan 2191, keduanya punya perbedaan signifikan dalam jangka waktu KvK. Jadi semisal yang pertama lagi bosan tanpa adanya Lost Kingdom event, maka beralih dulu ke yang lain. 

1. Membersihkan Guardian - Salah satu cara yang dapat dilakukan pemain Rise of Kingdoms untuk meningkatkan level komandan adalah mendapatkan EXP dengan mengalahkan Guardian di Sanctum, Altar, Shrine atau Lost Temple. 

Semakin banyak guardian yang dikalahkan maka makin tinggi pula angka perolehan XP sehingga mempercepat proses upgrade level komandan hingga maksimal level 60. Jangan lupa gunakan Lohar, Boudica, Diaochan atau komandan Peacekeeper lainnya supaya dapat Experience Bonus. 

2. Berburu Blueprint - Perlengkapan perang atau Equipment itu penting buat komandan ketika berperang di Open Field atau di Sunset Canyon & Lost Canyon juga berpengaruh. 

Mungkin sobat sudah paham kalau mendapatkan perlengkapan sejenis Epic dan Legendary itu membutuhkan waktu lama. Terutama mengumpulkan Material dan Blueprint Equipment itu sendiri. 

Ada beberapa Equipment yang hanya bisa didapatkan dengan mengalahkan penjaga di Barbarian Keep dan Barbarian Camp. Contohnya aksesori bernama Silent Trial yang banyak diminati pemain. 

Silakan keliling Kingdom dan kalahkan Ironhand Baulur di Barbarian Camp, nanti ada rewards atau hadiah setelah mengalahkannya termasuk Blueprint penting. Ada banyak Barbarian Camp dan Keep di setiap kerajaan, pastikan tanya rules terlebih dahulu di Kingdom Chat. 

3. Farming Gems - Jenis SDA atau RSS di tiap game online kalau tidak Diamond ya Gem. Pada Rise of Kingdoms sendiri Gems dapat digunakan buat berbagai keperluan seperti meningkatkan level VIP Poin dengan cepat. 

Selain itu sobat juga harus memiliki Master Blueprint untuk upgrade banyak bangunan ke level 25, dan item tersebut juga hanya bisa didapatkan dengan menggunakan Gems tentunya. 

Maka dari itu Farm Gem diperlukan jika sobat adalah pemain F2P seperti saya. Apalagi jika Lost Kingdom Event atau KvK sedang berlangsung, maka manfaatkan momen itu untuk farming Gems. Gunakan komandan Constance dan Matilda of Flanders yang sudah maksimal skilnya. 

Silakan simak artikel: Tips Farming Gems yang sudah saya bagikan sebelumnya. Karena mengumpulkan 200 ribu Gem per KvK bukanlah hal yang mustahil, apalagi kalau sobat terbilang aktif di RoK. 

Memang bosan main Rise of Kingdoms itu wajar, sebab mayoritas waktu kita bermain hanya menyelesaikan event saja. Kalau pun mau perang atau war pasti harus menunggu KvK berlangsung.