Tips Memilih Peradaban Terbaik Rise of Kingdoms

peradaban terbaik rise of kingdoms

Saat awal dirilis, Rise of Kingdoms dulunya masih bernama Rise of Civilizations. Nah, kata "Civilization" ini mengacu pada "Peradaban", dimana RoK memiliki total 10 peradaban yang ada di game tersebut saat ini. 

Kemungkinan peradaban baru akan diluncurkan nanti. Ini seiring permintaan banyak gubernur di RoK yang meminta penyegaran gameplay. Setelah penantian hampir tiga tahun, Lilith akhirnya mengeluarkan kisi-kisi akan peluncuran peradaban terbaru. 

Soal itu kita kesampingkan dulu. Pembahasan disini lumayan penting bagi para pemula yang baru bermain Rise of Kingdoms. Mengapa? Agar kalian tidak melakukan kesalahan seperti yang saya lakukan di awal main. 

Kenapa demikian? Rise of Kingdoms merupakan game RTS yang tidak ada Tamatnya. Kalian bisa bermain sampai kapan pun hingga developernya bosan dan menghentikan semua server & layanan RoK. 

Namun kalian harus memperhatikan hal apa saja yang mesti dilakukan dan dihindari di awal bermain, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Termasuk memilih peradaban terbaik Rise of Kingdoms sejak pertama kali membuat akun. 

Setiap peradaban punya unit pasukan spesial (Special Unit) dan buff yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita harus menyesuaikan tergantung pada durasi atau sudah seberapa lama kita bermain Rise of Kingdoms.  

Contohnya: di awal kita tentu membutuhkan buff buat upgrade bangunan dan mendapatkan komandan Epic gratisan terbaik di game RoK sejauh ini.

UPDATE: Mei 2021, Vikings Civilization resmi diperkenalkan oleh Lilith. Mengenai detail peradaban Vikings yang baru rilis ini sudah kami cantumkan, silakan disimak sampai habis. 

Berikut detail pembahasan setiap peradaban RoK, apa saja buff dan kapan harus digunakan. Untuk tutotial ganti Peradaban silakan baca: Cara Mengganti Peradaban di Rise of Kingdoms.

1. China 

Peradaban China di Rise of Kingdoms termasuk yang paling banyak dipakai oleh pemain saat awal-awal buat akun. Itu karena China punya buff Building Speed 5%. Buff kecepatan upgrade bangunan inilah yang bermanfaat di early game. 

Selain itu starting commander atau komandan gratis sejak awal yang didapatkan yakni Sun Tzu. Sudah bukan rahasia kalau dia adalah komandan jenis Epic terbaik di Rise of Kingdoms sejauh ini. 

Info Peradaban China: 
- Buff: Meningkatkan Defense Pasukan (Troop Defense 5%) - Pemulihan Action Point Recovery 5% - Kecepatan Membangun (Building Speed 5%).  
- Unit Spesial: Chu-Ko-Nu (Archer) 
- Komandan Pertama: Sun Tzu (Infantry)

2. Germany 

Ini juga jadi salah satu yang banyak digunakan. Peradaban Jerman memiliki buff menarik, biasanya pemain yang sudah lama bermain bakal mengganti peradaban ke Germany. Apalagi jika kalian fokus di spesialisasi pasukan kavaleri. 

Ya, Jerman punya buff Cavalry Attack 5%, buff melatih pasukan 5%, dan Action Point (AP) Recovery 10%. Semua buff ini benar-benar dibutuhkan setiap hari dan berguna sekali bagi pecinta Cavalry. 

Info Peradaban Jerman: 
- Buff: Cavalry Attack 5% - kecepatan latihan pasukan (Training Speed 5%) - Action Point Recovery 10%. 
- Unit Spesial: Teutonic Knight (Cavalry) 
- Komandan: Hermann (Archer) 

3. Jepang 

Apabila kamu membuat akun farm, maka peradaban Jepang merupakan yang terbaik. Mengingat buff yang didapatkan adalah kecepatan mengumpulkan resource / SDA sebesar 5% untuk semua jenis RSS. 

Info Peradaban Japan: 
- Buff: Troop Attack 3% (berlaku semua jenis pasukan baik Infanteri / Cavalry / Archer / Siege) - Scout March Speed 30% - Gathering Speed 5%. 
- Unit Spesial: Samurai (Infantry) 
- Komandan: Kusunoki Masashige (Archer) 

4. Korea 

Setelah bangunan selesai semua sudah hampir maksimal, maka kalian butuh buff untuk riset teknologi. Peradaban Korea adalah satu-satunya yang punya buff Research Speed sebesar 3%. 

- Buff: Archer Defense 5% - Kapasitas Hospital 15% - Kecepatan Riset 3%. 
- Unit Spesial: Hwarang (Archers) 
- Komandan: Eulji Mundeok (Infantry) 

5. Roma 

Peradaban Rome ini sedang saya gunakan sekarang di Rise of Kingdoms. Karena saya merupakan pemain yang berfokus pada pasukan Infantry, maka buff dari Roma yakni Kecepatan Gerak Pasukan 5% dan Infantry Defense 5% bakal membantu sekali. 

- Buff: Infantry Defense 5% - Troop March Speed 5% - Food Gathering Speed 10%. 
- Unit Spesial: Legionary (Infantry) 
- Komandan: Scipio Africanus. 

6. Spanyol 

Berikutnya kembali ke spesialisasi Cavalry. Spain adalah peradaban favorit para pemain Cavalry berikutnya setelah Jerman. Buff produksi resource dari bangunan di kota juga jadi alasan kenapa akun farm / akun cadangan para Gubernur memakai peradaban Spanyol. 

- Buff: Cavalry Defense 5% - Bonus EXP dari Barbarian dan Guardian 10%, Produksi SDA 20%. 
- Unit Spesial: Conquistador (Cavalry) 
- Komandan: Pelagius. 

7. Arab

Dalam sejarahnya memang tanah Arabia dikenal dengan pasukan berkuda Mamluk. Sehingga sebagai game yang mengadopsi era kerajaan, di Rise of Kingdoms peradaban Arab juga termasuk favorit pemain RoK. 

- Buff: Cavalry Attack 10% - Bonus Damage ke Barbarian, Guardian dan Fort 10% - Rally Damage 5%. 
- Unit Spesial: Mamluk (Cavalry) 
- Komandan: Baibars (Cavalry). 

8. Perancis 

Bicara soal gaya arsitektur, bangunan dari peradaban France memang disukai para gubernur. Selain itu buff dari Civilization Prancis juga lumayan bagus buat kalian yang fokus Infanteri. 

- Buff: Bonus HP Pasukan 3% - Kecepatan Mengumpulkan Wood Gathering Speed 10% - Kecepatan Penyembuhan Pasukan (Healing Speed) di Hospital sebesar 20%. 
- Unit Spesial: Throwing Axeman (Infantry) 
- Komandan: Joan of Arc (Support/Gathering). 

9. Ottoman Empire 

Peradaban Kesultanan Utsmaniyah ini sangat bermanfaat bagi kalian yang fokus di jenis pasukan Archers. Hanya ada dua Civilization dengan March Speed 5% yakni Rome dan Ottoman Empire ini. 

- Buff: Archer Attack 5% - Kecepatan Gerak Pasukan (March Speed) 5% - Bonus Damage Skil Aktif 5%.
- Unit Spesial: Yanisari / Janisary (Archer) 
- Komandan: Osman I 

10. Byzantium 

Selanjutnya kembali lagi ke Cavalry, peradaban Bizantium lebih banyak digunakan oleh akun farm. Karena buff kecepatan mengumpulkan Stone sebesar 10% membuatnya lumayan bagus buat fokus farming batu ya. 

- Buff: Cavalry HP Bonus 5%, Stone Gathering Speed 10%, Bonus Kapasitas Hospital 15%. 
- Unit Spesial: Cataphract / Katafrak (Cavalry) 
- Komandan: Belisarius (Cavalry). 

11. Vikings 

Jika kalian adalah pemain yang fokus Infantry, maka ini peradaban paling bagus sejauh ini. Vikings Civilization baru hadir dalam update Patch Notes bulan Mei 2021. Perhatian: Troop Load yang dimaksud dalam deskripsi ialah kapasitas SDA yang bisa dibawa oleh komandan saat farming.

- Buff: Meningkatkan Attack Infantry 5%, Bonus Damage Counterattack 3%, dan Troop Load 10%. 
- Unit Spesial: Berserker 
- Komandan: Bjorn Ironside. 

Demikian panduan kali ini tentang tips memilih peradaban terbaik Rise of Kingdoms. Mungkin nanti akan diperbarui apabila ada peradaban yang baru seperti yang beredar di komunitas.