--> Skip to main content

Tips Pengaturan Kamera Samsung Galaxy A12 Memaksimalkan Fitur

pengaturan kamera galaxy a12


Berikut ini merupakan panduan untuk memaksimalkan dan cara setting kamera Samsung Galaxy A12 dengan memanfaatkan fitur bawaan yang ada di dalamnya tanpa harus membongkar akses root ke hardware atau software juga. 

Kamera dalam Smartphone Android menjadi daya tarik bagi mayoritas pengguna. Mengingat dengan lensa kamera yang disediakan kita dapat mengabadikan momen yang langka, baik dalam bentuk foto / gambar dan video. 

Kalau dulu zaman sebelum Android Kitkat mungkin terbilang sedikit sekali fitur kamera di dalam sebuah smartphone. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang makin canggih membawa satu telepon genggam bisa memiliki lensa kamera yang super keren. 

Mulai dari efek blur latar belakang, autofokus makin bagus, memasang tulisan watermark Samsung Galaxy A12 seperti yang khas tiap tipe HP sebelumnya juga, hingga hasil gambar dalam mode profesional. 

Kami akan berbagi kepada sobat cara memaksimalkan pengaturan kamera Samsung Galaxy A12 supaya fitur bawaannya tidak disia-siakan begitu saja. Ini juga berfungsi ketika kalian sedang memotret objek. 

Namun sebelumnya ketahui dahulu sejumlah iatilah yang mungkin bisa dijadikan referensi sebagai berikut. 

OIS / EIS - Singkatan dari Optical / Electronic Image Stabilization ini fungsinya untuk menjaga stabilitas gambar ketika kita sedang mengambil foto dan merekam video. Teknik EIS berjalan memindahkan gambar elektronik dari satu frame ke yang lain saat perekaman video berlangsung. 

Mode Lowlight - Istilah untuk fitur kamera Samsung Galaxy A12 yang mengacu pada situasi minim cahaya di sekitar lokasi pengambilan gambar. 

Kalau dulu kan kita sering membicarakan besarnya resolusi megapiksel dalam sebuah kamera ponsel, tapi faktanya Megapixel bukanlah satu-satunya yang berperan terhadap bagus atau jeleknya sebuah gambar dari HP. 

Beberapa faktor lain yang bisa dibilang cukup banyak juga ikut mempengaruhi hasil foto Samsung Galaxy A12. Contohnya besar kecilnya Lensa Aperture bukaan, chipset atau SoC yang digunakan pada sebuah smartphone pun akan berpengaruh terhadap ISP / Image Signal Processing (pemrosesan hasil gambar). 

Nah, pada Samsung Galaxy A12 ini terdapat empat kamera utama di bagian bodi belakang. Diantaranya 48MP yang berfungsi sebagai Lensa Wide Angle, lalu 5MP Ultrawide, 2MP Macro Lens, dan 2MP Depth-sensor. 

Fitur kamera Galaxy A12 juga dilengkapi oleh HDR, Panorama dan LED Flash. Sementara buat perekaman video mendukung resolusi sampai 1080p dan di 30 fps. Khusus untuk kamera selfie bagian depan hanya ada satu lensa 8 MP dengan lensa aperture F/2.2. 

Kenapa hasil fotonya kurang bagus? Sejumlah user mengatakan ketika memotret menggunakan HP Samsung Galaxy A12 gambar yang dihasilkan kurang memuaskan. Bahkan ada yang bilang resolusi 48MP tidak berguna di ponsel ini. 

Seperti yang telah disebutkan, bahwa resolusi megapiksel di kamera HP bukanlah satu-satunya faktor penentu bagus atau jeleknya hasil foto. Lensa bukaan, SoC/Chipset, software tertentu hingga orang yang memegang HP tersebut juga sangat berpengaruh. 

Apabila kalian sudah memahami segala macam istilah fotografi mungkin dapat memanfaatkan pengaturan kamera Samsung Galaxy A12 lewat menu Setting agar hasil foto lebih maksimal lagi.