Cara Aktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A12 Lampu Indikator

led notifikasi samsung a12


Bagaimana cara mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A12 tanpa root? Mungkin sobat bertanya-tanya apakah HP Samsung A12 sudah mendukung atau ada fitur lampu LED Notifications yang bakal berguna bagi sebagian orang. 

Ya, LED Notifikasi merupakan sebuah fitur berupa lampu indikator yang dapat memberitahukan adanya pemberitahuan masuk baik dalam bentuk pesan singkat SMS, Email, chat WhatsApp Telegram Signal, dan bahkan dari media sosial. 

Ketika meletakkan smartphone di meja selagi sibuk aktivitas lain, nantinya kalau ada notifikasi maka lampu LED Notification akan menyala kelap-kelip menandakan masuknya sebuah pemberitahuan. 

Seiring berkembangnya kecanggihan teknologi yang bikin HP zaman sekarang layarnya full, seolah membuat publik bertanya apakah produsen ponsel rela menghilangkan LED Notifikasi dari fitur mendasar? 

Jawabannya, ada yang Ya dan Tidak. Semua kembali lagi tergantung kepada masing-masing brand. Nah, khusus untuk LED Notifikasi di Samsung Galaxy A12 kita bisa cek ketersediaan dan mencobanya. 

1. Install aplikasi bernama LED Light Manager lewat Google Play Store. 

2. Setelah sukses dipasang, buka dan jalankan aplikasinya. 

3. Kemudian atur sesuai selera, bisa mengubah warna LED Notifikasi Samsung Galaxy A12. 

4. Kalau sudah selesai maka simpan pengaturan untuk menerapkannya. Silakan dicoba kalau ada pesan masuk misalnya.

Tidak ada izin akses khusus yang diperlukan untuk menyalakan LED Notifikasi di Samsung A12, sobat bisa menonaktifkan dan menghidupkan lampu indikatornya kembali kapan saja.

Perhatian: Gunakan tips di atas hanya apabila tidak menemukan letak pengaturan LED Notifikasi pada Samsung Galaxy A12 seperti yang dialami pengguna di India, walau mungkin sebenarnya untuk varian Indonesia bisa saja berbeda. 

Catatan: Jika lampu LED Notifikasi belum menyala saat ada pemberitahuan masuk di status bar, maka sebaiknya restart ponsel dengan menekan tombol Power beberapa detik serta pilih "Nyalakan Ulang" atau "Reboot / Restart" dan diamkan dulu. 

Sekian tutorial cara mengaktifkan LED Notifikasi di Samsung Galaxy A12 versi terbaru tanpa root HP menggunakan aplikasi tambahan resmi.