--> Skip to main content

Daftar Anggota JKT48 yang Keluar Usai Restrukturisasi

restrukturisasi jkt48


Situasi yang tidak kunjung kondusif membuat banyak perusahaan di seluruh dunia terpaksa melakukan perombakan internal, salah satunya adalah grup idola JKT48 yang harus menjalankan restrukturisasi. 

Seperti yang sobat wota sudah ketahui, bahwa pada akhir 2020 manajemen berdiskusi dengan para stakeholder mencari cara supaya JKT48 tidak bubar di situasi sekarang. Maka, diambil jalan akhir yakni mengurangi staf dan member. 

Pengurangan jumlah staf serta anggota JKT48 ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan idol group tersebut agar tidak dibubarkan atau hiatus jangka panjang seperti halnya DEL48 Delhi dan MUB48 Mumbai. 

Apalagi seluruh kegiatan JKT48 juga terkena dampaknya, mulai dari pertunjukan teater, handshake festival, OFC events dan beberapa event lain yang seharusnya digelar secara offline bersama penggemar ditiadakan sejak Maret 2020 silam. 

"Perubahan skala besar ini cukup berat, namun kami tidak memiliki pilihan lain selain membangun lagi semuanya dari awal. Kami akan meluluskan para member yang bakal berpisah dari grup lewat event 'Upacara Kelulusan Khusus JKT48'." 

Sebuah acara yang digelar dalam melepas para member JKT48 terdampak restrukturisasi bakal dilangsungkan pada akhir Februari 2021 mendatang. Berikut nama-nama anggota yang akan lulus: 

1. Aurel Mayori 
2. Adriani Elizabeth 
3. Anastasta Narwastu 
4. Amanina Afiqah 
5. Caithlyn Gwyneth 
6. Cindy Nugroho 
7. Chalista Ellysia 
8. Christabel Jocelyn 
9. Diani Amalia 
10. Febrina Diponegoro 
11. Fidly Immanda Azzahra 
12. Febi Komaril 
13. Gabriel Angelina (Brielle) 
14. Gabriella Stevany (Vany) 
15. Kandiya Rafa 
16. Keisha Ramadhani 
17. Nabila Fitriana (Lala) 
18. Nabila Gusmarlia 
19. Nurhayati Aya 
20. Putri Elzahra 
21. Rinanda Syahputri Nanda 
22. Riska Amelia Putri Amel 
23. Shinta Devi 
24. Sania Julia 
25. Umega Maulana 
26. Viona Fadrin 

Berbeda dengan mantan calon anggota JKT48 generasi ke-10 yang dapat berpartisipasi kembali dalam audisi di masa depan, member yang terkena restrukturisasi belum tentu bisa ikut atau balik jadi personel JKT lagi. Semua tergantung pada kebijakan manajemen. 

Memang ada pro dan kontra dari semua keputusan ini, tapi beberapa member kebetulan sudah mau graduate sehingga demi membantu meringankan JKT48, mereka memilih keluar lebih awal berbarengan restrukturisasi ini.

Lalu bagaimana apakah ada oshimen sobat yang lulus setelah dilakukannya restrukturisasi JKT48 ini? Silakan nantikan pertunjukan kelulusan mereka secara Live Streaming.