Kenapa AKB48 Senbatsu Sousenkyo Tidak Digelar Lagi?

akb48 senbatsu sousenkyo 2021 2022

Sebagian sobat wota yang mengikuti perkembangan grup idola AKB48 Group dan cabangnya mungkin menyadari bahwa 48 Family di Jepang kini sudah tidak menggelar acara Senbatsu Sousenkyo. 

Padahal seperti yang kita ketahui bahwa program bergengsi tahunan AKB48 Senbatsu Sousenkyo menjadi salah satu yang terbesar dan paling dinantikan tiap tahunnya oleh penggemar. 

Sistem pemilihan member yang 16 besar bakal membawakan single terbaru berdasarkan hasil voting, dan vote bisa dilakukan dengan membeli CD single, menjadi faktor kenapa AKB48 selalu menjual single sangat tinggi. 

Namun, sudah lebih dari dua tahun tanpa adanya penyelenggaraan AKB48 General Election, bagaimana ke depannya? Okada Nana selaku senior yang didampingi General Manager Mukaichi Mion memberikan penjelasannya. 

Menurut Naachan, ia beranggapan bahwa kini sulit untuk mengetahui melangsungkan pesta akbar 48 Group tersebut. "Tapi saya tetap punya mimpi jadi juara dan mengisi posisi center di Sousenkyo sebagai member AKB48." ucap Nana Okada saat menghadiri wawancara di stasiun radio. 

GM AKB48 Group, Mion Mukaichi menambahkan kalau situasi dan kondisi saat ini belum memungkinkan. "Sebagai Soukantoku dengan tanggung jawab yang besar, harus diakui begitu sulit menggelar acara Sousenkyo sekarang." ujarnya. 

Walau sudah dijelaskan kalau AKB48 Senbatsu Sousenkyo tidak ada dalam waktu dekat, namun penggemar tetap berspekulasi mengenai rencana Yasushi Akimoto dan kawan-kawannya di Vernalossom. 

Apalagi di awal 2021, pemerintah Jepang kembali mengeluarkan pernyataan deklarasi darurat. Hal ini membuat kegiatan dan aktivitas di luar ruangan harus dibatasi, termasuk membatalkan jadwal konser AKB48 di Tokyo Dome City Hall dan Festival Anniversary Event. 

Gedung theater baik milik AKB48, NMB48, SKE48, STU48, HKT48 dan NGT48 juga belum sepenuhnya melangsungkan pertunjukan. Ditambah single terakhir AKB itu dirilis tahun lalu dengan judul "Shitsuren, Arigatou". 

Ini mungkin jadi hal lumrah, bagaimana AKB48 yang biasanya merilis lebih dari tiga single per tahun sekarang cuma sekali saja. Meski demikian setidaknya sister group mereka tetap memberikan warna baru dengan perilisan lagu. 

Mungkin pengumuman akhir-akhir ini bisa jadi angin segar buat semua fans AKB48 Group, dimana mereka siap menyelenggarakan event 48 Group hotobook Senbatsu. 

Jadi event ini diikuti oleh semua anggota AKB48, NMB48, SKE48, dan STU48 lewat sebuah aplikasi game khusus masing-masing grup. Pemenang ditentukan banyaknya perolehan poin hasil voting penggemar.

Juara atau peringkat pertama dapat kesempatan rilis satu Photobook dipublikasikan oleh Kobunsha. Sementara runner-up dan posisi ketiga bakal dapat giliran menampilkan gravure sebanyak masing-masing 8 serta 6 halaman di majalah FLASH Platinum. 

Member AKB48 senang dengan adanya program ini. Sekaligus menandakan bahwa seluruh anggota 48 Family tetap mencoba produktif dan menghibur penggemar meski situasinya berbeda tanpa AKB48 Senbatsu Sousenkyo.