--> Skip to main content

Oguri Yui Graduate dari AKB48 Setelah Disebut Ace Baru

oguri yui graduate akb48


Kembali lagi sobat wota bersama kami pada edisi topik siang ini kita bakal berbicara soal 48 Group. Salah satu personel AKB48 asal Tokyo, Oguri Yui graduate dari grup. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh yang bersangkutan dalam sesi SHOWROOM Live. 

Tentu saja ini agak mengejutkan untuk fans AKB48 Family, bahkan tagar soal Yui Oguri yang lulus ini sempat menempati urutan ketiga trending topik di Twitter Jepang. Para penggemar mengucapkan terima kasih kepada gadis multitalenta ini. 

Alasan Oguri Yui keluar dari AKB48 menurut dirinya adalah ia ingin melanjutkan karir di luar 48 Group tanpa membawa nama grup ini. Dalam kata lain, mau solo karir seperti yang dilakukan oleh mantan member lainnya semisal Sashihara Rino, Yamamoto Sayaka, Jonishi Kei. 

Kenapa fans AKB48 dibuat kecewa? Sebenarnya ini karena siklus berulang. Dimana member junior yang namanya sedang populer dan berada di puncak karirnya dalam 48 Group, langsung graduate. 

Contoh, Yahagi Moeka yang ditunjuk menjadi pengisi posisi center single AKB48 ke-56 dengan judul "Sustainable". Ia kemudian diterpa isu skandal pelanggaran aturan perusahaan hingga dirinya memutuskan mengumumkan kelulusan dari AKB.

Oguri Yui pun sempat menjadi center di lagu utama AKB48 berjudul "Teacher Teacher" yang sempat viral di media sosial karena konsepnya agak berbeda melenceng dari prinsip 48 Group dan cenderung mengarah ke K-Pop. 

Meski demikian lagu itu seolah menjadi angin segar bagi AKB48 yang mulai dilirik oleh warganet penggemar K-Pop, termasuk mereka orang Korea Selatan (K-Netizen) pada mengirimkan opini serta komentar mengenai single Teacher Teacher. 

Sayangnya, setelah lagu tersebut popularitas Oguri Yui agak menurun. Ia harus menerima persaingan ketat dari dari juniornya atau bahkan teman seangkatannya. Misalnya saja Yahagi Moeka, lalu ada nama Okabe Rin yang mulai muncul di berbagai stasiun TV. 

Padahal kita ketahui mantan member AKB48 generasi pertama, Watanabe Mayu saja menyebut kalau Yui Oguri sangat pantas menggantikan posisinya saat Mayuyu memutuskan graduate beberapa tahun lalu. 

Akan tetapi Mukaichi Mion yang ternyata ditunjuk untuk gantikan Yokoyama Yui sebagai General Manager of AKB48 Group lebih menarik perhatian publik. Yuihan menunjuk Mion karena menurutnya ada potensi dalam diri Mion. 

Dari kisah Oguri Yui AKB48 graduate ini mungkin dapat dijadikan pelajaran, bahwa yang sering disebut "Ace" masa depan sebuah idol group itu belum tentu sepenuhnya bakal jadi Ace juga.