Cara Setting Kamera Samsung Galaxy M02 dan A02 Terbaru

cara setting kamera samsung m02 a02

Trik dan tips bagaimana cara memaksimalkan pengaturan kamera Samsung Galaxy M02 dan A02 dengan memanfaatkan settingan bawaan pada aplikasi Camera smartphone tersebut. 

Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai panduan install Gcam di Samsung Galaxy M02 dan A02. Maka sekarang saatnya tutorial pengaturan kamera kedua HP ini tanpa mengandalkan aplikasi tambahan. 

Sebenarnya secara spesifikasi baik Samsung M02 dan A02 memang tidak jauh berbeda ya. Mereka sama-sama menggunakan chipset MediaTek MT6739W yang memiliki fabrikasi 28nm. 

Selain itu lensa kamera utama dua-duanya juga sebesar 13MP, bahkan kapasitas baterai Galaxy M02 dan A02 pun demikian serupa yakni 5000 mAh yang bisa tahan bermain game lumayan lama. 

Kenapa kita membicarakan chipset? Karena secara tidak langsung prosesor itu berpengaruh dan memiliki andil terhadap hasil foto sebuah kamera smartphone zaman sekarang. 

Lalu apa saja tips dan trik rahasia kamera Samsung Galaxy M02 dan A02 yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menghasilkan gambar atau foto lebih jernih & bagus? 

1. Watermark Kamera Samsung

Tips pertama ini memang tidak ada kaitannya dengan kualitas hasil gambar. Tetapi tanda air atau watermark juga sering diidamkan user supaya lebih keren dan terlihat profesional setidaknya. 

Biasanya watermark pada HP Android tergantung tiap brand. Misalnya ketika sebuah objek dipotret menggunakan perangkat Galaxy M02 atau A02, maka terdapat tulisan "Shot on Samsung". 

Kamu bisa coba mengaktifkan watermark Samsung Galaxy M02 dan A02 melalui setelan di aplikasi kamera. Caranya mudah, masuk ke Camera > Setting > pilih Camera Settings > kemudian tap pada Watermark > geser Toggle ON  > bisa edit tulisan juga. 

2. Mode Lowlight 

Dalam kondisi minim cahaya kamera HP kebanyakan memang cenderung menangkap noise sehingga gambar yang dihasilkan kurang bagus. Sayangnya untuk kekurangan dari Samsung Galaxy M02 dan A02 ini belum dilengkapi teknologi OIS dan EIS. 

Baik OIS dan EIS merupakan Image Stabilizer yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dalam bentuk software di dalam kamera bawaan. Agar memotret foto serta video yang direkam tidak banyak "noise" dan gerakan lebih stabil / seimbang. 

Tapi yang perlu dipahami juga bahwa besar kecilnya resolusi megapiksel pada sebuah kamera Smartphone tidak berpengaruh banyak, memang ada peran penting tapi faktor lain juga menentukan hasil fotonya. 

Secara fitur, Samsung Galaxy M02 dan A02 memiliki menu yang selalu ada pada smartphone Android kekinian seperti lampu LED Flash, maksimal kualitas perekaman hingga 1080p di 30 fps, ada lensa Wide dan Macro Lens di kedua ponsel. 

Mengatasi kamera Samsung M02 dan A02 error tidak bisa dibuka, atau force close seperti keluar sendiri. Yaitu dengan cara menghapus cache atau data aplikasi kameranya, bisa juga restart handphone kalian.

Memaksimalkan kamera Samsung Galaxy M02 dan A02 memang tidaklah mudah untuk mendapatkan hasil foto yang sebagus DSLR namun minimal meningkatkan kualitasnya agar tidak terlalu buram atau blur ketika diunggah ke media sosial misalnya.