Skip to main content

Cara Menonaktifkan Shopee Express Bagi Penjual di Shopee

shopee express kurir logo

Belakangan banyak pengguna Shopee yang kebingungan akibat mereka tidak bisa memilih kurir pengiriman ekspedisi saat membeli produk di e-Commerce asal Singapura tersebut. Memang tanpa disadari secara tidak langsung ada perubahan kebijakan perusahaan. 

Salah satunya adalah Shopee Express, bukan cuma pembeli melainkan penjual juga dibuat bingung kenapa yang beli tidak bisa mengubah jasa pengiriman sesuka hati seperti sebelumnya. Mereka seolah-olah dipaksa menggunakan ShopeeXpress. 

ShopeeXpress adalah jasa ekspedisi pengiriman barang yang dibuat oleh Shopee itu sendiri sebagai alternatif dari ekspedisi lain seperti JNE, JNT, TIKI, Wahana, Grab Send atay Go-Send yang dapat digunakan oleh semua pengguna Shopee. 

Tetapi sekarang sebagian besar toko atau pelapak di Shopee merasa keberatan, karena mereka harus mengaktifkan kurir ShopeeXpress yang mengurangi minat beli dari para pelanggan setianya. 

"Semalam saya mau order di toko langganan ternyata nggak bisa. Karena tokonya tidak terdaftar ShopeeXpress, penjualnya nyuruh pindah dikasih opsi Lazada atau Tokopedia." ucap Gina di kolom komentar Instagram. 

Seorang penjual di grup Facebook mengungkapkan dia sampai dihubungi tim ShopeeXpress melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. "Aku salah satu seller yang nonaktifin Shopee Express sejak perubahan jasa kirim, sampe dichat di WA sama admin mereka." 

Nah, bagi sobat para seller yang mau ikutan menghapus ShopeeXpress dari daftar ekspedisi toko, berikut panduan Cara Menonaktifkan Shopee Express di akun penjual berlaku untuk semua pengguna. 

1. Buka aplikasi Shopee dan dalam keadaan login di akun seller tentunya. 

2. Masuk ke Pengaturan Toko pada bagian Settings atau pengelolaan akun. 

3. Pada Pengaturan Jasa Kirim Toko, silakan geser Toggle ke kiri di bagian "Shopee Express Standard atau Instant sampai warna hijau berubah jadi putih. 

4. Selesai, silakan simpan pengaturan atau kembali ke halaman sebelumnya untuk menyimpan perubahan. 

Walau demikian wilayah jangkauan Shopee Express semakin luas hingga menjangkau sejumlah daerah pelosok. Apabila sobat ingin melacak paket kiriman yang sedang dalam perjalanan bisa masukkan nomor resi ke situs web ParcelsApp. 

Kekurangan atau kelemahan dari Shopee Express ini durasi pengiriman yang tidak terlalu jelas. Terkadang agak lama tidak bergerak di satu titik sampai 4 hari meski area Jabodetabek. 

Kurir juga tidak bisa disalahkan karena memang bukan salah mereka sepenuhnya. Di balik kebahagiaan iming-iming "Gratis Ongkir", ada para Kurir pengirim barang yang harus diperhatikan juga. 

Sekian dulu panduan cara menonaktifkan Shopee Express dari daftar Jasa Kirim Toko buat semua seller yang kebingungan ingin hapus ShopeeXpress buat ekspedisi pengiriman barangnya.