Cara Menghapus Akun Clubhouse Permanen dan Sementara

cara hapus akun clubhouse

Bagaimana cara hapus akun Clubhouse secara permanen atau sementara? Platform berbagi audio dan percakapan Clubhouse mendadak populer serta digunakan banyak orang usai cuitan dari Elon Musk yang mengajak presiden Rusia untuk berdiskusi. 

Pada awal popularitasnya, tidak sedikit pula artis dan influencer dari Indonesia menggunakan Clubhouse buat berbagi cerita, mengobrol hingga memulai diskusi menarik sampai didengarkan banyak orang. 

Namun berbagai kabar miring bermunculan, mulai dari soal keamanan hingga privasi pengguna. Sebagai aplikasi yang mendadak tenar, Clubhouse tampaknya belum siap kedatangan pengguna dalam jumlah signifikan. 

Isu paling menghebohkan adalah bagaimana sejumlah pihak bisa menyimpan sampai menyebarkan percakapan yang bersifat pribadi sekali pun. Media memberitakan bahwa sebenarnya Clubhouse tidak aman. 

Pengguna disarankan menghapus akun Clubhouse permanen secepatnya. Tapi sayangnya tidak seperti jejaring sosial Facebook, Twitter atau Instagram yang memberikan panduan secara transparan jika pengguna mau tutup akun, Clubhouse sama sekali tak menyematkan langsung secara terbuka. 

Bahkan kabarnya seluruh user yang mau menutup akun Clubhouse permanen harus mengikuti kebijakan layanan dan membaca semua persyaratan yang telah ditentukan. Salah satunya adalah pengguna wajib mengirimkan permintaan penghapusan akun Clubhouse kepada pembuat aplikasi. 

Hal tersebut menimbulkan kritik dari pengamat yang menilai bahwa Clubhouse belum siap menjadi sebuah platform dengan menampung pengguna dalam jumlah besar. Sehingga mereka menyarankan user hapus akun Clubhouse saja. 

Lantas bagaimana cara hapus akun Clubhouse permanen atau sementara? Karena pada aplikasi kita tidak disediakan opsi, menu atau tombol untuk melakukan penghapusan akun, maka prosesnya harus melalui email. 

1. Buka aplikasi email, entah Gmail atau Mail yang biasa digunakan buat menulis, membaca dan mengirim email di smartphone sobat. 

2. Buatlah pesan baru atau tulis email seperti saat ingin mengirimkan mail biasanya. 

3. Pada kolom penerima, tuliskan dan tujukan kepada support@alphaexploration.com sebagai yang nerima email. 

4. Bagian Subjek atau Judul Email, tulis saja permintaan penghapusan akun Clubhouse yakni "Delete Account Request".

5. Selanjutnya isi kolom deskripsi sejelas mungkin pakai bahasa Inggris. Atau catat dulu dalam bahasa Indonesia baku, lalu terjemahkan menggunakan Google Translate. 

6. Jika sudah, tekan tombol Send/Kirim. Maka kalian tinggal menunggu tanggapan pihak Clubhouse. 

Rekomendasi isi deskripsi permintaan hapus akun: "Hello, I would like to request deleting my Clubhouse account. Here is my (username)." Atau bisa gunakan versi kalian sendiri. 

Catatan: Ketika mengirimkan permintaan menghapus akun Clubhouse, gunakan email yang terdaftar pada akun kalian agar lebih cepat diproses. Berapa lama akan terhapus? Biasanya sesaat setelah direspon akan langsung dihapus, kurang lebih 3-5 hari kerja menunggu. 

Setelah seluruh proses selesai dilakukan, selanjutnya sobat tinggal menunggu tanggapan dari developer yang dijawab lewat email. Meski demikian tidak diketahui berapa lama hapus akun Clubhouse sepenuhnya terselesaikan, seperti yang dikatakan, ada pengguna yang nunggu seminggu, sebulan atau sehari saja. 

Demikian tutorial cara menghapus akun Clubhouse permanen atau sementara. Hapus selamanya jika sobat tidak ingin memakai aplikasi itu lagi, tapi minta tutup sementara bila suatu waktu membutuhkannya lagi.