Skip to main content

Masalah Samsung Galaxy M02 dan A02 Bug Terbaru

masalah samsung galaxy m02 a02

Keluhan pengguna Samsung Galaxy M02 dan A02 mengalami beberapa bug serta error bawaan di smartphone tersebut beserta penanganan solusi memperbaiki permasalahan yang dialami user sejak awal rilis. 

Samsung Galaxy M02 dan Galaxy A02 dirilis hampir bersamaan. Keduanya punya spesifikasi yang mirip serta menargetkan segmentasi yang tidak jauh berbeda. Oleh karenanya, banyak pengguna yang merasakan kesamaan dalam berbagai hal. 

Termasuk bagaimana permasalahan umum yang sering terjadi di Samsung Galaxy M02 dan Samsung A02. Bahkan ada pelanggan yang dibuat bingung akibat kemiripan spesifikasi dua ponsel ini. 

Semua keluhan pengguna Galaxy M02 dan A02 kita tampung dari forum, grup Facebook, Telegram dan komentar YouTube. Apa saja masalah dan bug yang ada di Samsung Galaxy M02 serta bagaimana mereka mengatasinya? 

1. Kamera Samsung Galaxy M02 Tidak Bisa Dibuka - Sejumlah pengguna di XDA Developers mempertanyakan terkait aplikasi kamera di Galaxy M02 yang tidak dapat terbuka. Mereka mencoba masuk, namun otomatis keluar sendiri. 

Banyak yang menyebut ini Bug Force Close yang biasa terjadi pada ponsel Android. Umumnya faktor utama penyebab adanya Force Close bisa berbagai alasan, seperti memori penyimpanan penuh hingga software yang tidak kompatibel dengan perangkat. 

Solusi yang bisa sobat lakukan jika mengalami hal serupa adalah dengan menghapus data (Clear Cache & Data). Nantinya semua pengaturan kamera kembali seperti bawaan pabrik, tapi foto dan video tidak akan terhapus juga. 

Selain itu, pengguna pun bisa melakukan langkah alternatif dengan restart HP Samsung Galaxy M02. Caranya tekan dan tahan tombol Power / Daya selama beberapa detik dan pilih "Matikan Daya / Turn Off" atau "Nyalakan Ulang / Restart". 

2. Baterai Boros dan Cepat Panas - Bila sobat sedang bermain game ringan di Samsung Galaxy M02 atau A02 mungkin pernah merasakan betapa borosnya baterai ponsel ini. Main 10 menit, persentase berkurang 15-20%. 

Walau sebenarnya HP ini tidak direkomendasikan buat main game, namun ketika kondisi baterai menurun drastis dengan cepat dalam waktu yang tak wajar harus perhatikan baterai ponsel. 

Maksudnya coba sobat buka aplikasi lain selain game, apakah mengalami kondisi yang sama? Jika jawabannya Tidak, maka memang sebaiknya hindari main game. Chipset MediaTek yang digunakan Samsung Galaxy M02 dan A02 bukan diperuntukkan ke hal gaming. 

3. Bluetooth Bermasalah - Kalau ini hanya sedikit dialami pengguna, dimana Bluetooth Samsung Galaxy M02 tidak berfungsi dan gagal terkoneksi ke perangkat lain. Ini terjadi semenjak adanya update firmware yang dilakukan Samsung. 

Ciri-cirinya Bluetooth sering terputus terus menyambung lagi. Sambungan error biasanya tiap lima menit sekali, baik ke ponsel, Galaxy Gear atau perangkat Wireless seperti Earphone TWS. Pastinya amat mengganggu sekali. 

Solusinya coba dulu Reset Network, masuk ke Pengaturan (Settings) lalu tap General Management > pilih Reset dan dilanjutkan dengan Reset Network atau Jaringan. Jika sudah, silakan restart smartphone kemudian dicoba kembali. 

4. Aplikasi Tidak Dapat Dibuka - Ini agak mirip dengan poin pertama, bedanya kalau bukan cuma kamera saja melainkan banyak aplikasi tidak bisa dibuka di HP Samsung Galaxy M02 secara tiba-tiba. 

Jadi ketika membuka suatu aplikasi sobat secara otomatis keluar sendiri tanpa pemberitahuan Force Close "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti". Namun tak perlu khawatir, sebab ini hanya bug sementara yang bisa diatasi dengan restart ponsel. 

Demikian pembahasan mengenai bug dan masalah Samsung Galaxy M02 serta Galaxy A02 juga bagaimana solusi mengatasi error yang terjadi pada pengguna ponsel ini pada dasarnya juga sering terjadi pada HP Android lain semisal Vivo, Oppo, Xiaomi, Infinix, Asus, Advan, hingga Realme.