Masalah PS5 Keluhan Pengguna dan Cara Memperbaikinya

keluhan pengguna ps5 masalah umum

Beberapa keluhan pengguna PS5 permasalahan yang sering terjadi pada perangkat gaming Sony PlayStation ini serta bagaimana solusi cara memperbaiki error dan bug tersebut tanpa harus membawa ke pusat perbaikan resmi. 

Generasi baru perangkat game Sony PlayStation akhirnya hadir, ya PS5 dirilis hampir berbarengan dengan produk Microsoft Xbox Series X dan Series S. PS5 membawa banyak fitur baru beserta peningkatan dalam hal performa mesin. 

Semua itu berkat sistem CPU dan GPU khusus, juga disematkannya penyimpanan berbasis SSD ultra-high speed yang dapat membuat kinerja PS5 makin cepat khususnya dalam hal loading lebih singkat. 

Namun secanggih apapun teknologi pada perangkat elektronik, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya Bug dan Error. Baik masalah software atau hardware, keluhan pengguna PS5 mulai bermunculan di berbagai platform. 

Jika masalah umum pada PS5 yang sering terjadi ini mulai mengganggu kenyamanan bermain sobat, ada baiknya memperhatikan dan jangan diabaikan begitu saja. Berikut permasalahan PS5 berdasarkan komentar dan feedback pengguna. 

1. Tidak bisa terhubung ke PlayStation Network 

Sejumlah pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat install game baru dari PlayStation Network karena koneksi gagal tersambung. Alhasil mereka yang tadinya ingin main permainan tersebut menjadi frustrasi karena hal ini. 

Apabila sobat mengalaminya, lakukan langkah awal dengan memeriksa koneksi internet yang digunakan lalu mencobanya kembali. Kalian juga bisa cek status jaringan (Check Network Status) melalui pengaturan PS5 untuk memastikan lebih lanjut. 

2. PS5 Macet Saat Restart 

Setidaknya beberapa laporan menyebutkan kalau PS5 macet ketika dilakukan restart hanya stuck di logo PlayStation 5 saja pada layar. Solusi mengatasi ini jangan panik dengan menekan segala macan tombol fisik, melainkan tunggu beberapa saat, ini mungkin Bug pada sejumlah perangkat.

3. Kerusakan Power PS5 Tidak Bisa Menyala 

Bila sobat pernah alami PS5 tidak bisa menyala lagi hanya sesaat usai dinyalakan lalu otomatis mati sendiri, ini sama halnya ketika lag dan keluar game saat sedang bermain. Kemungkinan mengalami masalah pada Power atau Daya. Baca: Tempat Servis PS5.

Sehingga apabila terjadi pada PS5 sobat, masuk ke situs web PlayStation bagian "Penyelesaian Masalah" untuk mengetahui bisa atau tidaknya klaim garansi memperbaiki kerusakan jenis ini. 

Ada yang mengatakan bahwa pemakaian Storage tambahan atau HDD penyimpanan pihak ketiga dapat membuat PS5 mengalami rusak pada bagian power menyebabkan perangkat nonaktif otomatis. Sebaiknya hindari dulu penggunaan Harddisk eksternal tambahan di PS5 sampai Sony memperbarui firmware perangkat. 

4. Tidak Bisa Kirim Data di Pengaturan Awal 

Pengguna mengatakan mereka tidak dapat menggunakan port USB dan kabel LAN yang ada di bagian belakang PS5 buat mengirim data pada pengaturan awal (Setup) saat pertama kali. 

Hal ini dapat menjadi penyebab error PS5 lebih lanjut, solusi awal cobalah untuk memakai USB port yang ada di bagian depan PlayStation 5. Namun kalau sudah ada masalah usai langkah pengiriman data ini bisa juga restore pengaturan dengan melakukan reset Factory Settings PS5. 

Tapi sebaiknya ketahui dulu dengan menerapkan Factory Reset PS5 akan membuat data user di perangkat terhapus serta pengaturan sharing game online atau offline tidak dapat digunakan sementara. 

5. Mode Istirahat Bikin PS5 Restart Sendiri

Pada PS5 terdapat fitur yang bernama Rest Mode atau Mode Istirahat, memang bukanlah hal baru di hardware buatan Sony. Fungsi Rest Mode PS5 ini untuk menghentikan game sementara dan mengelola fitur save game agar progres tersimpan. 

Sayangnya bagi sebagian pengguna Rest Mode di PS5 ini menyebabkan masalah perangkat yang secara otomatis menyalakan ulang terus-menerus. Error yang terjadi dan mengharuskan database reboot bisa merusak komponen PS5 menyeluruh. 

Jadi solusi memperbaiki hal ini adalah dengan menonaktifkan Rest Mode PS5. Sebaiknya hindari mengaktifkan mode istirahat sebelum ada pembaruan atau update software dari Sony. Cara menonaktifkan Rest Mode PS5 sebagai berikut: 

Masuk ke halaman utama menu PS5 > Pilih Settings > lalu di bawah pilih Power Saving > kemudian masuk ke "Set Time Until PS5 Enters Rest Mode" > pilih Disable Rest Mode atau Nonaktifkan Mode Istirahat. 

6. Tidak Bisa Memindahkan Data PS4 ke PS5 

Kelebihan PS5 ialah kita bisa menggunakan data dari PS4 termasuk hasil save progres game yang dimainkan. Namun, sejumlah pengguna tidak dapat mengirimkan atau pindahkan data antar perangkat. 

Beberapa error yang terjadi saat kirim file dari PS4 ke PS5 antara lain: durasi yang terlalu lama ketika proses pemindahan berlangsung, data yang hilang, sampai kesalahan hardware membuat pindah save game jadi kurang lancar. 

Solusi dari kesalahan ini belum dipastikan, tetapi menurut rekomendasi beberapa user di forum, kalian bisa coba memindahkan data PS4 ke PS5 menggunakan jaringan Wifi, bukan memakai kabel LAN atau port USB di belakang perangkat sebagaimana biasanya. 

Jika PS5 cepat panas atau overheat, hentikan dulu permainannya. Lalu cek sekitar perangkat PlayStation ditempatkan, apakah ada benda yang menghambat proses pembuangan pada udara. 

Kipas PS5 berada di depan dan bagian bawah, desain PlayStation 5 dibuat supaya kipasnya tidak terhalang sehingga udara keluar masuk dengan lancar tanpa hambatan, jadi jangan halangi PS5 dengan barang lain. 

Begitulah masalah umum PS5 yang sering terjadi berdasarkan keluhan pengguna, serta solusi bagaimana cara memperbaiki kerusakan atau error di Sony PlayStation 5 supaya main game lebih menyenangkan.