Skip to main content

Keluhan Pengguna Poco M3 Masalah Umum dan Solusinya

masalah poco m3 keluhan pengguna hp android

Berikut ini merupakan masalah Poco M3 yang sering terjadi dan solusi bagaimana cara memperbaiki kesalahan, error berdasarkan keluhan pengguna yang paling sering dialami di smartphone ini. 

Walau terbilang memiliki spesifikasi mumpuni di kelasnya, namun Poco M3 bukanlah ponsel yang sempurna seperti pada kebanyakan HP Android lain. Pengguna juga tidak berharap terlalu banyak. 

Namun, fitur mendasar yang seharusnya berfungsi di smartphone mana pun terkadang terjadi malfungsi atau error / rusak dan kejadian ini biasanya bawaan pabrik bukan kesalahan manusia atau penggunanya. 

Poco M3 bukan pengecualian, smartphone keren ini sebenarnya hampir tanpa saingan berkat fitur andalan yang jauh lebih baik dibanding ponsel lain di harga serupa. 

Kelebihan Poco M3 pun banyak antara lain: MIUI 12 yang paling update, ada IR Blaster, speaker sudah Stereo Audio, baterai super besar tahan lama, kamera lumayan bagus kualitas foto dan video yang dihasilkan. 

Namun kekurangan Poco M3 juga menjadi perhatian khusus, walau demikian tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap penggunaan sehari-hari. Kelemahan Poco M3 apa saja? Berikut ulasannya: 

1. Charging - Karena kapasitas baterainya lumayan besar yakni 6000 mAh, maka kecepatan cas Poco M3 jadi kendala sebagian user yang menilai agak lama proses charge ponselnya. 

2. Lag Interface - Tampilan antarmuka yang dipakai oleh Poco M3 yaitu MIUI 12.5 saat artikel ini terbit masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia ke semua smartphone Xiaomi yang mendukung. Oleh karenanya solusi terbaik menunggu update versi stabil. 

3. EIS dan OIS - Kedua hal tersebut biasanya ditemukan pada kamera yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas perekaman video atau mengurangi Noise pada hasil kamera gambar. 

Tapi tenang saja, tanpa adanya dua software tersebut sobat tetap bisa menikmati hasil kamera Poco M3 yang menawan berkat aplikasi Gcam. Sebelumnya sudah kita bahas cara pasang Google Camera di Poco M3. 

4. Aplikasi Force Close - Sepertinya ini permasalahan umum pengguna Android dan sebenarnya ada banyak penyebab kenapa sebuah aplikasi bisa keluar sendiri secara otomatis. 

Apabila sobat mengalami hal tersebut pada Poco M3 usahakan menghapus Cache lebih rajin, bisa juga tutup dan buka kembali aplikasinya. Lalu restart / reboot ponsel kemudian langkah terakhir adalah reinstall atau install ulang aplikasi yang dimaksud. 

Sebagai upaya menghindari penuhnya memori internal yang dapat menyebabkan kinerja smartphone melemah, tidak ada salahnya untuk rajin membersihkan Cache baik lewat tombol pintasan di MIUI atau melalui Pengaturan secara manual. 

Cara membersihkan file sampah Poco M3 juga mudah, tinggal menuju ke Settings masing-masing aplikasi yakni dengan menekan dan tahan ikon / logo aplikasi yang ingin dibersihkan, lalu tap logo huruf i (i) App Info dan bersihkan cache semuanya. 

Semua masalah pada Poco M3 sebenarnya juga pernah dan umum terjadi di smartphone Android lain. Penyebabnya bisa karena kesalahan pabrik atau memang dari pengguna, mengingat tiap user punya frekuensi pemakaian yang berbeda.