--> Skip to main content

IZONE Bubar, Penggemar Menyatakan Boikot Agensi

alasan kenapa izone bubar

Kemarin MNET telah mengeluarkan pernyataan bahwa seluruh aktivitas grup musik wanita IZ*ONE akan berhenti sepenuhnya mulai April 2021. Dengan kata lain, IZONE akan segera dibubarkan usai konser pekan depan. 

Kabar pembubaran IZONE jelas bukanlah hal yang menyenangkan pagi WIZ*ONE, sebutan untuk penggemar fanatik mereka. Berbagai aksi dilancarkan, mulai dari tagar di media sosial, hingga kampanye boikot berikan dukungan. 

Melalui akun Twitter @DC_IZONECHU, dalam bahasa Korea menyampaikan sejumlah hal terkait bubarnya IZONE. Berikut kami rangkum terjemahan dari statement tersebut. 

"Perusahaan Broadcast Mnet yang berada di bawah naungan divisi musik CJ ENM mengumumkan bahwa proyek aktivitas girlgroup IZONE akan berakhir pada April. Namun demikian, pernyataan Mnet sangat sulit dipahami dari perspektif penggemar yang mendukung ke-12 anggota IZ*ONE. 

1. Berita tentang kontrak IZONE yang bakal berakhir harus melalui diskusi dan komunikasi melibatkan WIZ*ONE di Official Fan Cafe, bukannya lewat media. 

2. Tanpa pemberitahuan bahwa ini adalah konser online terakhir IZ*ONE, pengumuman yang dikeluarkan secara sepihak oleh Mnet sama saja tidak menghargai keberadaan WIZ*ONE. 

3. Melalui laporan sejumlah media, CJ ENM dan Mnet selalu mengatakan mereka terus mendukung aktivitas IZONE, dan WIZ*ONE juga telah mengumpulkan fandom yang kuat dalam mendukung 12 member IZ*ONE sejak debut mereka. 

4. Hal tersebut terbukti dalam pencapaian IZONE yang sudah dibuat, termasuk peringkat pertama sebagai girl group dengan penjualan album terbaik di tahun 2020. 

5. Bahkan dalam situasi seperti ini, WIZONE berhak diberitahukan mengenai pemberhentian aktivitas dan kegiatan IZONE secara langsung, bukan melalui media pihak ketiga. 

6. WIZ*ONE menyatakan kekecewaan kepada CJ ENM dan semua agensi member yang bersangkutan atas tindakan semena-mena yang menghentikan kegiatan dan kontrak IZ*ONE. 

Atas hal ini, WIZ*ONE telah berdiskusi dan menyatakan tindakan berikut: 

A. WIZONE sebagai fanbase resmi IZONE mendesak pihak terkait untuk mempertahankan 12 member yang aktif saat ini tanpa diubah, dan melanjutkan aktivitas grup ke depannya. 

B. Kami juga meminta Mnet segera menarik pernyataan resmi mereka terkait pembubaran IZONE. 

C. WIZ*ONE membutuhkan pernyataan dari agensi member yakni Starship Entertainment, Woollim, WM, Urban Works, 8D, Stone Music, Yuehua dan Vernalossom mengenai kegiatan member di masa mendatang. 

D. WIZ*ONE akan melayangkan aksi boikot kepada semua aktivitas yang dijadwalkan oleh setiap agensi tersebut setelah para member IZONE kembali ke agensinya masing-masing. 

E. Kami juga mendesak konser online IZ*ONE ditunda, dan mengembalikan semua tiket MD dan CGV dari penggemar." 

Begitulah pernyataan aksi boikot pihak yang mengaku WIZ*ONE. Namun, ternyata aksinya tidak didukung oleh banyak penggemar. Tak sedikit yang mengecam oknum fans itu. 

"Kalian hanya memperburuk situasi, apapun yang kau lakukan tidak akan membuat keadaan berubah. Ini membawa citra buruk WIZ*ONE, tolong hentikan. Jangan mengaku sebagai WIZONE lagi." tulis seorang fans di kolom reply. 

Belum diketahui seperti apa aktivitas semua anggota IZ*ONE usai grupnya dibubarkan nanti. Beberapa kabar dari Korsel menyebut Miyawaki Sakura bergabung ke Big Hit Entertainment, agensinya BTS. Honda Hitomi dan Yabuki Nako kembali ke HKT48. 

Sementara di sisi lain, Kwon Eunbi, Choi Yena, Kang Hyewon, Kim Minju, Ahn Yujin, Jang Wonyoung, Jo Yuri, Kim Chaewon, Lee Chaeyeon akan mengumumkan kegiatan mereka lebih lanjut melalui agensinya. 

Keputusan IZONE bubar oleh Mnet dan para agensi serta label yang membawahi mereka memang sulit dihindari. Mengingat IZ*ONE merupakan grup hasil ajang survival, bubarnya mereka merupakan hal pasti seperti yang dialami oleh IOI dan Wanna One.