--> Skip to main content

Cara Kunci Aplikasi Samsung Galaxy M02 dan A02 Layar Terbaru

mengunci aplikasi samsung galaxy m02 a02

Panduan untuk bagaimana cara mengunci aplikasi di Samsung Galaxy M02 dan Galaxy A02 sekaligus tips kunci layar baik dengan atau tanpa app tambahan agar privasi tetap terjaga pada smartphone sobat. 

Samsung Galaxy M02 merupakan ponsel keluaran terbaru yang memiliki spesifikasi mumpuni di kelasnya. HP Android berbasis One UI tersebut dibekali kapasitas baterai super besar 5000 mAh. 

Selain itu, Galaxy M02 juga menggunakan panel layar berjenis PLS IPS dengan bentang 6,5 inci serta rasio 20:9 menjadikannya tetap nyaman dalam genggaman tangan meski sedikit lebar. 

Metode keamanan belum ada sensor pemindai sidik jari hingga Face Unlock. Maka dari itu, untuk mengamankan layar serta app kita bisa mengunci aplikasi Galaxy M02 dan A02 dengan cara berikut: 

1. Masuk ke Pengaturan (Settings) atau ikon roda gigi di daftar aplikasi smartphone. 

2. Kemudian cari menu Lock Screen & Security (Kunci Layar dan Keamanan). 

3. Setelah dialihkan, silakan gulirkan layar ke bawah sedikit hingga menemukan "Other Secuity Settings" (Pengaturan Keamanan Lainnya). 

4. Scroll lagi sampai bawah, kemudian tap pada pilihan "Pin Windows". 

5. Jika toggler bar berstatus OFF, maka aktifkan dengan Turn ON atau geser saja. 

6. Silakan atur jenis penguncian layar yang diinginkan. Lalu tap "Gunakan Kunci Layar untul Unpin". 

7. Lalu pilih metode keamanan yang ingin digunakan, ada Pola, PIN atau Password sesuai selera. 

8. Kalau sudah diatur, lanjut dengan menekan tombol "Continue" serta konfirmasi lagi. 

9. Tap tombol OK apabila semua sudah selesai. 

10. Pengaturan Notifikasi (Notification Settings) bisa disesuaikan saat layar terkunci. 

Sekarang buka aplikasi yang ingin dikunci, lalu tekan tombol Recent Apps. Nantinya akan muncul ikon Pin, silakan tap logo pin itu untuk memulai mengunci aplikasi Samsung Galaxy M02 & Samsung A02.

Ketika kunci aplikasi diaktifkan, maka sobat tidak dapat mengakses atau membuka aplikasi lainnya. Maka dari itu lakukan Unpin terlebih dahulu dengan menekan tombol Back dan Recent App secara bersamaan. 

Dengan Chipset MediaTek MT6739W dan memiliki sistem fabrikasi 28 nanometer membuat ponsel Samsung Galaxy M02 bisa diandalkan dalam hal multitasking baik chatting, browsing, streaming dan main game ringan. 

Begitulah tutorial cara mengunci aplikasi di Samsung Galaxy M02 dan A02 tanpa menggunakan app pihak ketiga juga tidak harus membongkar akses root cukup melalui pengaturan bawaan smartphone saja.