Skip to main content

Cara Aktifkan Split Screen HP Poco Semua Aplikasi

cara split screen di hp poco miui xiaomi

Bagaimana cara mengaktifkan Split Screen di HP Poco semua tipe untuk berbagai aplikasi. Pemisah Layar atau Split Screen merupakan fitur yang berguna sekali untuk sebagian pengguna dalam menopang kegiatan sehari-hari. 

Jadi Split Screen berfungsi membagi dua layar masing-masing buat aplikasi berbeda yang terbuka di saat bersamaan di bagian atas dan bawah, dalam kata lain user bisa membuka 2 aplikasi sekaligus di satu waktu. 

Apakah Poco M3 dan X3 NFC bisa aktifkan fitur Split Screen? Sebenarnya sejak beberapa waktu lalu hampir semua smartphone produk Xiaomi yang berbasis MIUI 10 dan ke atas sudah bisa mengaktifkan layar split. 

Namun di awal perilisan hingga kini memang ada sedikit kekurangan, yaitu Split Screen tidak dapat berfungsi pada semua aplikasi dan hanya bisa digunakan di app tertentu. 

Meski demikian sobat tidak perlu khawatir karena sudah ada pengguna di forum XDA Developer yang berbagi tips Split Screen semua aplikasi di Poco. Silakan ikuti panduan berikut: 

1. Langkah awal masuk ke Settings (Pengaturan) pada HP Poco sobat. 

2. Jika belum mengaktifkan Developer Mode (Mode Pengembang) aktifkan dulu di About > pada MIUI version tap beberapa kali. 

3. Setelah dinyatakan sukses masuk Mode Pengembang, selanjutnya menuju ke Setelan Tambahan (Additional Settings). 

4. Gulirkan ke bawah hingga menemukan tulisan "Developer Option" atau "Opsi Pengembang" lalu pilih. 

5. Scroll lagi ke bawah di bagian "Apps" hingga ketemu opsi "Force Activities To Be Resizeable" (Paksa Aktivitas untuk Dapat Diubah Ukurannya) lalu Turn ON dengan menggeser Toggle ke kanan.

6. Sampai sini proses mengaktifkan Split Screen di HP Poco semua aplikasi sudah berhasil. 

7. Tapi sobat harus menyalakan ulang perangkat terlebih dahulu, silakan tekan dan tahan tombol Power lalu Restart. 

Nah, sekarang kalian bisa mencoba kembali membuka dua aplikasi yang sebelumnya tidak support fitur Split Screen pada ponsel Poco, sudah mendukung layar split semua app yang tersedia. 

Apakah trik tadi bisa diterapkan pada smartphone lain? Untuk Xiaomi Redmi Note, Mi series mungkin bisa. Sedangkan buat brand lain seperti realme, Oppo, Vivo, Samsung, Infinix, Asus,  Advan, bisa dicoba sendiri pada device masing-masing. 

Demikian tutorial cara mengaktifkan fitur split screen di HP Poco semua aplikasi yang tidak mendukung, hebat ya kecanggihan MIUI sebagai salah satu tampilan antarmuka terbaik di Android.