Skip to main content

Skandal Xie Leilei GNZ48 yang Disorot Media Asing

skandal xie leilei gnz48 snh48 graduate

Kasus pelanggaran aturan anti cinta kembali terjadi dan dialami oleh sister group SNH48 dari Guangzhou, yakni GNZ48. Dimana skandal Xie Leilei menghebohkan penggemar usai diketahui kencan bersama sang pacar. 

Xie LeiLei atau akrab disapa Hana ini merupakan member top dan unggulan di GNZ48. Dalam sejumlah partisipasi di SNH48 General Election, ia selalu menjadi termasuk salah satu perwakilan GNZ teratas. 

Popularitas Xie Leilei sebagai member GNZ48 tercantik di grup juga makin meningkat usai duet dengan penyanyi terkenal di China dan perannya di beberapa C-Drama makin bikin Hana disukai orang awam. 

Oleh karenanya tidak heran apabila semua kegiatan, aktivitas, dan perilakunya selaku menjadi sorotan penggemar lokal dan internasional. Terlebih belakangan saat kencan pada malam Natal 2020 silam. 

Saat itu kasus Xie Leilei menjadi perbincangan di kalangan penggemar selama lebih dari seminggu. Kasus ini membuat gadis kelahiran Guangdong itu harus rela membungkuk satu menit untuk meminta maaf kepada penggemar di GNZ48 Theater. 

Aksi Hana tersebut menuai pro dan kontra. Terlebih, media asing juga ikut menyorot dan menjadikan Headline berita bagaimana "Seorang Idol di China harus rela meminta maaf dan membungkuk di hadapan fans karena terlihat bersama laki-laki." 

Kencan dan pacaran adalah hal tabu di AKB48 Group, meski SNH48 beserta cabang-cabangnya sudah terpisah dari Vernalossom & Yasushi Akimoto, namun konsep serta aturan mereka masih sama seperti 48 Family pada umumnya. 

Di JKT48, member diperbolehkan berpacaran asalkan tidak diketahui oleh penggemar. Bahkan seorang mantan anggota memperingatkan kalau pacaran jangan ketahuan, apabila terbongkar maka konsekuensi harus menjadi tanggung jawab tiap member yang melanggar peraturannya itu. 

Dari skandal Xie Leilei GNZ48 mungkin dapat dijadikan informasi lanjutan bahwa Golden Rules atau peraturan emas di 48 Group masih ada hingga kini masih menjadi faktor esensial bagi keberlangsungan idol group. 

Ada pun konsekuensi yang siap diterima member pelanggar Aturan Anti Cinta berupa sanksi sosial dan jadi bahan kritikan pedas para fans. Hingga para penggemar yang berhenti memberikan dukungan sudah sering terjadi. 

Termasuk kasus Xie Leilei, penggemarnya atau fanbase sudah dibubarkan dan semua proyek dibatalkan serta menurut data statistik Pocket48, reputasi anggota generasi ke-5 SNH48 itu menurun drastis dari sebelumnya. 

Manajemen Guangzhou Siba Culture Media yang mengelola GNZ48 juga meminta maaf kepada para fans atas kejadian ini. Kabar Xie Leilei graduate sudah ditepis, namun ia harus berusaha keras mengembalikan kepercayaan penggemarnya.