Cara Mengatasi Samsung Galaxy M02 dan A02 Lupa Pola Terbaru

cara mengatasi lupa pola samsung galaxy m02 a02

Jika sobat lupa pola Samsung Galaxy M02 atau PIN / Password maka tidak ada salahnya dicoba perbaiki sendiri sebelum menuju ke Service Center atau konter servis HP terdekat untuk mengembalikannya seperti semula. 

Menggunakan pola sebagai metode mengamankan smartphone memang terkadang tidak selalu baik. Sebagai manusia yang tidak sempurna kita semua pernah mengalami kelupaan, salah satunya lupa pola HP Samsung M02. 

Meski sebenarnya sudah banyak yang menyarankan agar pengguna beralih dari pola ke Fingerprint. Tapi sayangnya ponsel yang sedang kita bahas kali ini belum dibekali sensor pemindai sidik jari buat opsi keamanan lain. 

Maka dari itu kebanyakan user memakai pola. Disini kita berbagi tips dan trik saat lupa pola Samsung Galaxy M02 bagaimana cara memperbaiki atau mengembalikannya seperti semula metode unlock pattern berikut.

1. Langkah awal tekan sambil tahan tombol Power (Daya) dan Volume Down (-) berbarengan sekitar 5-10 detik hingga ada efek menonaktifkan ponsel.

2. Otomatis layar HP mati sendiri, disini kita mulai cara mengatasi Samsung Galaxy M02 lupa pola. 

3. Berikutnya saat layar dalam keadaan nonaktif, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up hingga menampilkan logo Samsung. 

4. Segera setelah ikon Samsung muncul, lepas semua tombol yang ditekan dan ditahan tadi. 

5. Nanti akan ada pilihan menu, silakan pilih Wipe Data Factory Reset. Navigasi disini tidak bisa pakai Touchscreen, harus menggunakan tombol power dan volume buat mengarahkannya. 

6. Setelah memilih, langsung tekan tombol Daya/Power buat konfirmasi. 

7. Lalu ada dua opsi selanjutnya, pilih "Reboot System Now (Reboot sistem sekarang)". 

Secara otomaris layar akan menyalakan ulang dan sistem restart dengan sendirinya. Ini merupakan metode termudah sebagai solusi mengatasi Samsung Galaxy M02 yang lupa pola, PIN dan Password. 

Sekarang sobat sudah bisa kembali menggunakan smartphone kalian seperti sediakala, ke depannya apabila ingin mengaktifkan pola kembali usahakan diingat kalau perlu dicatat gambaran polanya ya. 

Kalau masih belum bisa juga dan smartphone Galaxy M02 masih dalam masa garansi yang aktif, maka sebaiknya dibawa ke pusat perbaikan resmi atau Samsung Service Center untuk klaim dan diperbaiki disana. 

Demikian panduan cara mengatasi lupa pola Samsung Galaxy M02 dan A02 tanpa root atau flash ulang smartphone, sebagai pengingat agar selalu mencadangkan alias backup data penting dari ponsel.