Alasan Laney dan Karla Umumkan Graduate dari MNL48

laney karla mnl48 graduate

Ada kabar baru dari grup musik asal Manila, Filipina yang merupakan cabang AKB48 Group yakni MNL48. Dua member mereka bernama Karla dan Laney mengumumkan kelulusannya dari grup secara bersamaan. 

Pengumuman disampaikan malam tadi bersamaan dengan proyek MNL48 3rd Generarion Press Conference, lewat situs web resmi, manajemen yang mengelola idol group ini yaitu HalloHallo Entertainment (HHE) memberikan pernyataan. 

"Kami secara formal mengumumkan bahwa dua anggota MNL48 Laney dan Karla akan lulus dari industri idol serta tidak akan lagi terikat & menjadi bagian dari MNL. HHE beserta grup memahami keputusan mereka." 

"Dengan demikian, kami berterima kasih atas komitmen, kerja keras, dedikasi dan pengalamannya yang sudah Karla dan Laney berikan kepada MNL48. Kami berharap semua yang terbaik buat keduanya." 

"MNL48 juga mengucapkan banyak terima kasih kepada penggemar atas dukungan tanpa henti. Kami berharap proyek baru ke depannya, terlebih dengan kehadiran personel MNL48 generasi ketiga, akan semakin menghibur fans." tulis manajemen. 

Sekilas fakta tentang Laney MNL48, gadis yang memiliki nama panjang Lorelaine Delos Reyes Sanosa ini lahir di Quezon City, Metro Manila pada November 2002. Ia tergabung dalam grup idola MNL48 generasi pertama. 

Laney memulai debutnya April 2018 sebagai Trainee, sebelum akhirnya dipromosikan ke Team MII setahun setelahnya. Dia sempat diturunkan status keanggotaannya ke Trainee lagi usai mendapatkan peringkat kurang baik (#36) di 3rd MNL48 General Election. 

Sementara Karla atau Ruth Carla Dela Paz wanita kelahiran San Jose del Monte City, Bulacan ini merupakan satu angkatan dengan Laney. Ia pernah keluar graduate dari MNL48 pada awal Mei 2019 namun hanya berselang seminggu dia kembali ke Trainee sebagai kapten. 

Awal Januari 2020 Karla promosi ke Team NIV l, namun sayangnya Februari 2021 ini dia harus kembali jadi Trainee karena peringkatnya di MNL48 Senbatsu Sousenkyo tidak terlalu baik (rank #43). 

Keluarnya Karla dan Laney semakin menimbulkan perdebatan mengenai sistem ajang pemilihan member di MNL48 yang melenceng sebagaimana mestinya. Padahal di 48 Group lain, termasuk SNH48 yang sudah lepas, berapa pun peringkat membernya mereka tidak degradasi ke Kenkyuusei atau Trainee. 

Tagar atau hashtag dari MNLoves (sebutan untuk penggemar MNL48) juga kerap berulang kali muncul di trending topik Twitter Filipina sebagai bentuk protes kepada manajemen mengenai Senbatsu Sousenkyo. 

Setelah Karla dan Laney graduate dari MNL48 tentunya semakin menambah daftar panjang anggota grup musik ini yang keluar karena diturunkan statusnya ke Trainee hanya karena event Senbatsu Sousenkyo saja.