--> Skip to main content

Strategi KvK Rise of Kingdoms Supaya Menang Cepat

cara menang kvk rise of kingdoms

Sebagai bagian dari aliansi terbesar di suatu Kingdom atau kerajaan, kalian sudah pasti tidak lagi memikirkan bagaimana cara menguasai satu server kerajaan tersebut. Target berikutnya adalah bekerja sama dengan minimal top 5 alliance di kingom kalian untuk mengalahkan aliansi besar lainnya dari tujuh kerajaan tetangga dalam sebuah event Kingdom vs Kingdom atau KvK di Rise of Kingdoms.

Menang KvK menjadi tujuan utama dalam bermain game RoK ini. Setelah 85-90 hari kalian membangun kota, membentuk aliansi yang kuat, saatnya semua aliansi bersatu demi sebuah kejayaan kerajaan asal kalian. Gengsi, harga diri, kehormatan, sampai hadiah semua dijaga dan diperebutkan selama lebih dari sebulan lamanya.

Terjun ke KvK bukanlah perkara yang mudah, kalian sudah pasti mendapatkan musuh baru yang setara atau bahkan lebih kuat. Tentu saja aliansi bisa berteman dan menjalin kerja sama dengan kerajaan lain di suatu Continent, asalkan harus menjaga kepercayaan dalam kesepakatan diplomasi antar King / Raja.

Karena sebelumnya banyak terjadi kasus pengkhianatan meski sudah sepakat bekerja sama / menjadi Ally di KvK namun dikhianati sehingga strategi awal berantakan. Makanya seorang raja dari sebuah Kingdom harus memiliki rencana alternatif (Plan B).

Saya cukup beruntung di Kingdom asal saya, punya Raja komunikatif, responsif, bijak dan tahu betul apa yang harus ia lakukan bahkan dalam situasi tertekan sehingga kami bisa mengembalikan keadaan dan memenangkan KvK.

Tapi peran seorang Raja saja tidak cukup, semua pemain yang mewakili suatu Kingdom harus bisa kooperatif dan aktif, jangan mengabaikan Markers (Penanda), dan selalu baca imbauan.

Pada dasarnya event Eve of The Crusade, atau beberapa hari sebelum pindah ke The Lost Kingdom (Kerajaan yang Hilang) akan menentukan dan dapat diketahui kerajaan mana yang bakal menjadi lawan terkuat.

Semua pemain di suatu Kingdom dapat berkontribusi, tidak peduli apakah kalian pemain Gratisan (F2P / Free to Play) atau seorang sultan (P2W / Pay to Win). Karena sekecil apapun kontribusi sangat berpengaruh kepada keseluruhan reputasi Kingdom.

Kontribusi yang dimaksud adalah mendapatkan Honor Points. Nanti akan ada tiga aktivitas yang memungkinkan kita meraih Honor Point, baik Individual, Aliansi (Alliance), dan Kerajaan (Kingdom) Poin. Semakin tinggi poin yang diraih, makin banyak hadiah yang bakal didapat.

Kontes Eve of The Crusade akan terbagi dalam tiga bagian, nah yang Stage 3 setelah (Light and Darkness Matchmaking) ini nanti map baru The Lost Kingdom akan terbuka. Dimana semua aliansi dari delapan kerajaan berkumpul jadi satu memperebutkan The Great Ziggurat.

Bagi kalian pemula, event KvK tidak mudah, tidak sebentar. Ini akan memakan banyak waktu, karena berlangsung selama dua bulan lamanya. Setelah Lost Kingdom dibuka, setiap kerajaan akan mendapatkan jatah Region yang telah ditentukan secara otomatis.

Kalau City Hall (CH) kalian sudah level 16, bisa ikut teleportasi ke Lost Kingdom, nanti secara acak bakal pindah ke region atau wilayah sesuai Kingdom asal kalian yang sudah ditentukan.

Apa saja strategi agar menang KvK Rise of Kingdoms? Banyak yang harus dipersiapkan sejak jauh hari oleh pemain jika mau berpartisipasi.

Pilihan kalian cuma ada dua, berkontribusi penuh atau tidak sama sekali. Karena kalau Plinplan, longgar dikit atau offline sebentar saja di Lost Kingdom nanti kota kalian bisa dihabisi dan diacak-acak lawan.

1. Shield - Kumpulkan Peace Shield sebanyak mungkin untuk melindungi kota kalian, jelas sebuah City akan membutuhkan banyak item tersebut di KvK. Terutama ketika kondisi teritorial Kingdom sudah mulai diambil alih pemain dari kerajaan lainnya, setiap offline dalam waktu lama misalnya jelang tidur, aktifkan Shield.

2. Teleport - Item Teleportasi sangat penting untuk dimiliki. Selama belum KvK, jangan buang-buang Teleport. Karena kalian bakal sering menggunakannya di Lost Kingdom.

Pada dasarnya apabila suatu waktu aliansi kita diserang dan teritorialnya diambil alih oleh pihak lawan, maka yang harus kita lakukan memindahkan kota / City Hall ke area lebih aman.

Kalian bisa mendapatkan item Teleport dari banyak tempat, seperti event, Alliance Shop, Mysterious Merchant (Courier Station), atau bisa di bangunan Shop memakai Gems. Jangan ragu kalau memang penting, karena apabila Kingdom kalian menang KvK, rewards yang didapatkan amat sangat banyak.

3. Upgrade Hospital - Berapa pun level CH kalian saat ini, segera upgrade bangunan paling berpengaruh seperti Hospital sesuai level City Hall. Terutama jika sobat memutuskan untuk ikut berperang melawan musuh di KvK.

Catatan: Selama KvK berlangsung, kapasitas Hospitals akan dilipatgandakan 2x lipat. Silakan kalkulasi berapa kapasitasnya dan hindari membawa pasukan melebihi kapasitas Hospital.

Bakal ada event sebelum KvK yaitu upgrade bangunan dan menambah power, silakan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan meningkatkan level Hospital. Gunakan item Speedup dengan bijak.

4. Perbanyak SDA / Resources / RSS

Beberapa pekan sebelum KvK dimulai, sebaiknya kalian hemat SDA. Baik Food, Wood, Stone dan Gold, jangan dipakai buat upgrade bangunan yang kurang penting. Mengapa demikian? Proses Healing di KvK akan memakan SDA cukup tinggi.

Dan selama di KvK nanti, sobat tidak akan punya waktu buat farming. Karena hampir tiap hari selalu ada peperangan. Makanya banyak pemain yang curang memakai Bot Farming sebelum KvK berlangsung dan ironisnya Lilith mengabaikan trik tersebut.

5. Maksimalkan Komandan

Kalau kata bos KD 338: Max Out Commanders! Alias siapkan komandan andalan kalian buat bertempur, mayoritas pemain Rise of Kingdoms menggunakan komandan legendaris (Legendary Commander) buat dikirim melawan musuh.

Simpan item Tome of Knowledge EXP sebanyak-banyaknya dan upgrade level komandan kalian hingga siap buat melakukan pertempuran di KvK mendatang.

7. Jenis Pasukan

Penting banget buat para pemain baru yang akan bertempur di Lost Kingdom untuk perhatikan jenis pasukan (Troops) yang bakal digunakan. Misalnya kalian mau lawan musuh di Ancient Ruins dan peperangan apapun itu hindari membawa pasukan berjenis Siege Units.

Selain karena mudah dikalahkan, unit Siege juga amat lambat pergerakannya. Kalau mau cepat gunakan pasukan Cavalry alias prajurit berkuda dan komandan ahli dalam Cavalry seperti Cao Cao, Belisarius, Minamoto no Yoshitsune.

Beberapa kesalahan pemain sering dilakukan seperti membuang-buang AP atau Action Points. Padahal item Action Poin bakal lebih berguna ketika event Pra-KvK berlangsung, kalian harus banyak melawan Barbarians Fort dan Marauders bila ingin mendapatkan hadiah/rewards menarik.

Terus satu bulan sebelum Pre-KvK dimulai, simpan semua Speedup latihan pasukan (Troops Training) karena nantinya juga bakalan ada event yang mengharuskan kita meningkatkan Power lewat pelatihan pasukan.

Saran kami selagi belum KvK, perbanyak pasukan T3 (Tier 3), nah ketika event melatih pasukan sudah mulai kalian tinggal upgrade semua T3 Troops ke T4. Selain lebih mudah, cepat dan hemat SDA juga power yang didapatkan tak kalah banyak.

8. Pembagian Tugas di KvK

Karena nanti musuhnya bakal kuat banget, di KvK itu rata-rata pemain P2W yang maju paling depan dalam hal peperangan mewakili Kingdom kita. Sebab, rerata mereka sudah punya pasukan tertinggi yaitu T5 (Tier 5).

Jika status kalian adalah pemain F2P yang masih di T3 atau T4 seperti saya, sebaiknya jangan memaksakan ikut bertempur di Lost Kingdom. Namun, Raja atau King akan memberi instruksi pembagian tugas.

Tugas pemain dengan power besar biasanya ikutan perang, sedangkan pemain yang powernya terbilang di bawah rata-rata bisa farming SDA / RSS untuk dikirimkan ke mereka yang memiliki T5.

Sebab seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa peperangan di KvK akan sangat sering terjadi tiap hari, tiap jam, sementara buat healing pasukan bakalan memakan SDA / Resources yang tidak sedikit jumlahnya.

Sekian panduan sederhana kami untuk strategi menang KvK di Rise of Kingdoms, setelah berhasil menguasai The Lost Temple di KD asal, memang sudah dipastikan misi berikutnya mengambil alih Kerajaan yang Hilang (The Lost Kingdom) dari para Barbarians juga.