Skip to main content

Kenapa SGO48 Tak Berikan Ucapan ke JKT48?

kasus sgo48 jkt48


Momen membahagiakan datang dari grup musik asal Jakarta, JKT48. Mereka baru saja merayakan hari jadi ke-9 dengan menggelar sebuah konser SOL/LUNA 9th Anniversary Show. 

Acara itu juga disiarkan secara langsung lewat aplikasi RCTI Plus, penggemar yang telah membeli tiket bisa mengakses sekaligus menonton konsernya di mana saja secara online, bisa lewat Smartphone atau PC. 

Di tengah acara JKT48 Sol Luna, terdapat sebuah VTR yang menampilkan para anggota 48 Group dari berbagai negara seperti AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, NGT48, STU48, MNL48, CGM48, BNK48, Team TP dan Team SH sekalipun mengucapkan selamat hari ulang tahun JKT48 yang ke-9. 

Meriahnya konser dan ucapan datang dari para grup saudari mereka tentu menambah semangat member yang tampil. Tetapi ada satu yang terlewat, yaitu tidak munculnya pihak SGO48 dalam video itu. 

Seolah ada yang kurang, mengingat SGO48 merupakan bagian dari 48 Family asal kota Saigon. Sampai kini belum diketahui apa alasan idol group yang pernah menghebohkan jagat fandom K-Pop itu tak memberikan ucapan kepada seniornya. 

Namun dikutip dari media sosial Instagram, seorang yang diduga fans SGO48 asal Vietnam mengatakan bahwa member SGO belum kembali berkumpul sejak aktivitas dihentikan sementara oleh manajemen. 

"Ini kemungkinan menjadi penyebab mengapa mereka tidak sempat kirimkan video kepada JKT48. Saya kira SGO48 masih dalam situasi hiatus, sehingga manajemennya belum bisa mengumpulkan para member dan staf." tulisnya. 

Saling memberikan ucapan satu sama lain sudah jadi tradisi yang terus berjalan dan dijaga oleh seluruh 48 Group tiap ada yang berulang tahun. Oleh karenanya, jika ada satu grup saja yang terlewat seperti momen kemarin, maka menjadi perbincangan di kalangan penggemar. 

Ada isu yang mengatakan bahwa insiden yang terjadi pada acara varietas dimana member SGO48 disuruh menebak barang kurang pantas menjadi penyebab awal kenapa JKT48 menghapus banner SGO saat itu. 

Walau demikian, kini situs web dan banner SGO48 sudah kembali tercantum dengan jelas di situs web JKT48 lagi. Sehingga tak dapat dipastikan alasan kenapa mereka tak memberikan ucapan.

Walau sebenarnya di zaman serba digital ini member SGO48 bisa berikan ucapan melalui media sosial. Seperti yang dilakukan oleh DEL48, meski berstatus hiatus, mereka tetap melontarkan ucapan kepada JKT48 di Instagram Story masing-masing.