Skip to main content

Cara Mengunci Layar Samsung Galaxy A12 dan Aplikas

mengunci layar samsung galaxy a12


Berikut panduan bagaimana cara kunci aplikasi Samsung Galaxy A12 dan mengunci layar atau mengaktifkan lockscreen. Smartphone terbaru dari produsen asal Korea Selatan, Samsung Galaxy A12 memang memiliki fitur lumayan canggih untuk ponsel Android di 2021. 

Setidaknya sejumlah fitur bawaan tersebut dapat digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Seperti salah satunya adalah sensor NFC yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Fitur inilah paling diminati publik khususnya masyarakat Nusantara saat ini. 

Soal keamanan, Samsung Galaxy A12 dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari atau Fingerprint Scanner yang terletak di bagian samping pada bodi ponsel (Side-mounted). Sehingga tidak lagi mengganggu desain cantiknya. 

Namun, bagi beberapa orang fingerprint saja belum cukup. Banyak pengguna yang lebih terbiasa memakai Lockscreen atau kunci layar Samsung Galaxy A12 sebagai salah satu metode mengamankan privasi di perangkatnya. 

Lalu seperti apa trik mengunci layar Samsung A12 tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa membuat sempit ruang memori penyimpanan internal itu? Berikut ulasannya. 

1. Dari Homescreen, buka aplikasi Settings (Pengaturan). 

2. Pilih Display (Tampilan) atau Lockscreen (Pengunci Layar). 

3. Ada pilihan Double Tap To Wake / Sleep, fungsinya untuk menyalakan ponsel dalam keadaan Standby dengan mengetuk layar 2 kali pakai jari.

4. Bisa juga menuju Password & Security (Kata Sandi dan Keamanan), aktifkan metode mengunci layar Samsung Galaxy A12. 

5. Kemudian pilih sesuai selera, apakah mau memakai Password, Fingerprint, atau mengaktifkan Pola, jika tidak ada opsi memilih Face Unlock. 

6. Atur langkah selanjutnya dengan mengikuti instruksi yang diberikan. 

Selesai, sobat sekarang sudah dapat mengunci layar Samsung Galaxy A12. Kami sarankan untuk selalu mengingat baik pola, kata sandi atau nomor PIN yang diterapkan supaya tidak lupa dan tak harus reset data nantinya. 

Sayangnya trik di atas cuma bisa mengunci layar saja alias mengaktifkan Lockscreen dengan sejumlah langkah seperti aktivasi pola, PIN atau password. Ini tidak serta merta kunci aplikasi lain semisal WhatsApp, Galeri / File Manager. 

Demikian tutorial sederhana cara mengunci Samsung Galaxy A12 baik layar dan aplikasi tertentu pada smartphone kalian tanpa menggunakan app tambahan.