Skip to main content

Cara Membedakan MacBook Pro M1 Refurbished dan Asli

membedakan macbook pro m1 refurbished original

Bagaimana cara membedakan MacBook Pro M1 Refurbished dan Asli original? Seperti apa ciri-ciri barang rekondisi Apple? Apple beberapa waktu lalu mulai menjual model rekondisi bersertifikat dari MacBook Pro 13 inci dengan chip M1 di Amerika Serikat dan Kanada untuk pertama kalinya sejak notebook dirilis pada November 2020. 

Seperti biasa, model rekondisi atau refurbished didiskon sekitar 15 persen dibandingkan ke model baru yang setara. Toko rekondisi online Apple memiliki model dasar MacBook Pro 13 inci dengan chip M1 tersedia di Amerika Serikat, misalnya, dibandingkan dengan harga reguler Apple untuk model ini. 

Konfigurasi ini mencakup chip M1 8-core dengan memori terpadu 8 GB dan penyimpanan internal SSD 256 GB dalam warna Silver atau Space Grey. Apple mengatakan model MacBook Pro rekondisi diperiksa, diuji, dibersihkan, dan dikemas ulang secara menyeluruh dengan adaptor daya USB-C dan kabel USB-C di dalam kotak. 

Namun sejumlah pengamat mengatakan MacBook Pro M1 rekondisi hampir tidak dapat dibedakan dari segi fisik dan penampilan luar dengan model baru, jadi ini merupakan peluang bagus untuk menghemat. 

Namun, perlu diingat bahwa para penjual pihak ketiga mungkin menawarkan harga yang lebih baik dari waktu ke waktu dibanding Apple Store Online, jadi pastikan untuk memantau pengumpulan penawaran kami. Mac Apple yang diperbarui dilindungi oleh garansi terbatas satu tahun dan memiliki kebijakan pengembalian 14 hari. Perlindungan AppleCare + juga dapat dibeli sekaligus. 

Karena sejauh ini MacBook Pro M1 refurbish memang buatan Apple langsung jadi tidak terlalu berbahaya untuk penggunaan sehari-hari. Memang mungkin rasanya tak akan terasa begitu eksklusif seperti produk baru. 

Lalu bagaimana cara membedakan MacBook Pro M1 refurbished dengan barang asli dalam kondisi baru BNIB? Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu: 

1. Untuk MacBook Pro M1 Rekondisi atau refurbished biasanya dijual dengan kotak yang berbeda. 

2. Di beberapa aksesori resmi, seperti charger, buku panduan, dan kabel, akan tercatat tulisan "Refurbished by Apple" dan "Apple Certified Refurbished". 

3. Hanya produk 13 inci MacBook Pro M1 varian RAM 8GB dan 12GB saja yang direkondisi Apple secara resmi. Jika ada tipe lain, kemungkinan bukan refurbish Apple, setidaknya hingga Februari 2021 ini. 

Program Refurbished Bersertifikat Apple, sebagai bagian dari produk yang sudah terbuka atau item bekas yang mungkin Anda temukan di penjual pihak ketiga, membawa produk bekas melalui proses ekstensif yang membuatnya tidak dapat dibedakan ke produk baru. 

Mereka juga masih hadir dengan aksesori baru seperti pengisi daya dan kabel serta menikmati garansi yang sama dengan produk Apple baru. Ini benar-benar salah satu rahasia perusahaan yang tidak terlalu banyak dijaga.

Nantinya sobat akan menerima perangkat seperti baru atau "Like New" dengan suku cadang pengganti Apple asli (sesuai kebutuhan) yang telah dibersihkan dan diperiksa secara menyeluruh oleh tim Apple. 

Perangkat iOS yang direfurbish selalu dibekali dengan baterai baru dan bodi casing bersih. Setiap perangkat akan mendapatkan semua aksesori, kabel, dan software. Semua produk Refurbished Apple Certified dikemas dalam kotak putih baru dan akan dikirimkan kepada Anda dengan pengiriman dan pengembalian gratis. 

Jadi begitulah cara membedakan MacBook Pro M1 refurbished Apple dan yang asli original, memang sekilas jika dipantau keseluruhan tidak terlalu berbeda signifikan dengan barang baru.