Cara Ganti Baterai Poco M3 Membuka Cover Belakang

cara ganti baterai poco m3 x3 nfc

Panduan bagaimana cara mengganti baterai Poco M3 sendiri dengan membuka cover pada bodi belakang smartphone tanpa harus ke Service Center Xiaomi untuk memperbaiki batre yang bermasalah, rusak, atau terlalu lama. 

Baterai merupakan salah satu dari sekian komponen penting pada ponsel pintar. Tanpa adanya daya baterai maka sebuah smartphone tak dapat digunakan. Namun sayangnya pengguna juga kerap mengabaikan hal yang dapat merusak baterai HP. 

Mayoritas yang diabaikan adalah rekomendasi untuk tidak main game di HP Poco M3 sambil dicas. Selain itu ada juga yang menggunakan charger asal-asalan, hingga penggunaan Powerbank yang kualitasnya dipertanyakan. 

Masalah baterai Poco M3 yang kerap dialami sejumlah pengguna juga bervariasi. Ada yang overheat atau panas berlebih meski cuma buka aplikasi ringan seperti WhatsApp, Browser, Instagram, Facebook, Twitter. 

Sampai yang mulai mengembang (kembung) hingga membuat layar jadi terangkat. Inilah alasan kenapa kita harus memperhatikan baterai, karena sekalinya rusak akan berdampak buruk pada komponen smartphone lainnya. 

Lalu jika sudah terlanjur, bagaimana cara mengganti baterai Poco M3 sendiri dengan membuka backcover pada smartphone? Apakah bisa? 

Sebenarnya bisa saja, asalkan memiliki segala macam alat yang dibutuhkan. Seperti contohnya: Suction Cup buat mengangkat casing / backcover, obeng phillips, SIM Tray Ejector, Opening Pick, hingga Spudger. 

Sobat harus membuka perlahan lewat pinggiran LCD layar, mengingat Poco M3 berbahan dasar plastik Polycarbonate. Opening pick dimasukkan lewat celah dimulai dari dekat lokasi SIM Tray. 

Siapkan baterai pengganti Poco M3 dengan spesifikasi berikut: tipe Li-Polymer Battery, Typical Capacity 6000 mAh, Model BN62, Limited Charge Voltage 4.45Vdc biasanya ditemukan di web e-Commerce. 

Update: Kami tidak menyarankan sobat membongkar casing belakang dan membuka backcover untuk mengganti baterai Poco M3 sendiri di rumah. Ada baiknya jika status garansi masih aktif, bawa langsung ke Service Center. 

Kenapa demikian? Hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan apakah baterai Poco M3 yang dijual terpisah demgan harga variatif itu memang asli atau bukan. 

Selain mendapatkan baterai Poco M3 original asli bukan KW, kalau sobat bawa langsung ke Xiaomi Authorized Service Center akan diganti oleh teknisi yang bertugas sehingga kalian cukup menunggu saja. 

Disarankan rutin mengganti baterai Poco M3 setiap 2 tahun sekali untuk pemakaian jangka panjang menghindari kerusakan seperti batre boros, tidak irit/awet, cepat panas, dan ikut serta menjaga komponen lainnya.