Skip to main content

Cara Bergabung ke Twitter Spaces Orang Lain dan Bikin Space

cara membuat twitter space dan gabung spaces

Bagaimana cara membuat Twitter Space sendiri dan gabung ke Spaces milik orang lain? Pengguna iOS mungkin sudah tidak asing dengan platform berbagi audio Clubhouse, tapi untuk para user Android di Twitter kini ada fitur Space. 

Pengguna Twitter di Android dapat segera mulai menghadiri Spaces, tempat untuk percakapan audio langsung yang dimoderasi host yang hanya mereka dengar dari pengguna iPhone. 

Spaces adalah jawaban Twitter untuk Clubhouse, aplikasi audio drop-in yang telah membuat banyak kehebohan dan telah memiliki jumlah pengguna baru yang banyak bahkan sampai bos SpaceX dan Tesla Elon Musk. 

Sejak April tahun lalu, fitur ruang obrolan audio telah banyak dibicarakan berkat orang-orang seperti Clubhouse yang telah menawarkan platform untuk berekspresi menggunakan audio. 

Data App Annie baru-baru ini mengklaim bahwa Clubhouse melampaui 8 juta unduhan meskipun dibatasi untuk audiens tertentu. Sekarang ruang obrolan audio bergaya Clubhouse Twitter telah hadir di Android, di mana ia juga bisa melihat orang-orang bergabung dengan platform. 

Menurut data Sensor Tower yang diungkapkan baru-baru ini, Twitter memiliki 1,75 juta pengguna di India dan fitur Spaces bisa menjadi salah satu yang dapat membantunya menambahkan lebih banyak lagi di negara tersebut. 

Salah satu alasan mengapa ruang obrolan audio telah melihat begitu banyak daya tarik sejak tahun lalu adalah karena suara manusia menyampaikan nuansa, emosi, dan makna yang sering hilang dalam teks dan lebih terhubung daripada teks tertulis. 

Twitter Spaces adalah upaya perusahaan untuk mengabadikan momen dan meminta lebih banyak pengguna mencobanya di dalam platform. Apa yang dilakukannya adalah menghilangkan keharusan untuk mendaftar ke platform baru. 

Cara Memulai Twitter Space di iPhone dan Android seperti berikut langkahnya: 

1. Buka aplikasi Twitter kalian lalu login, kalau belum punya silakan daftar terlebih dahulu. 

2. Tap tombol Compose pada Twitter di bawah layar yang bisa digunakan untuk mengirim cuitan. 

3. Di sisi paling kiri bakal terdapat fitur Space dalam bentuk logo Twitter Spaces, tap ikon tersebut. 

4. Atau alternatif lain bisa tap foto profil kalian di Fleets seperti ingin mengunggah Stories, ikon Space ada di kanan. 

5. Silakan undang atau invite maksimal 10 orang untuk berdiskusi dan menyampaikan pesan serta kesan kalian dalam satu ruang obrolan.

6. Sobat juga bisa menentukan Privasi siapa saja yang dapat gabung mendengarkan percakapan tersebut apakah "Everyone (Semua Orang)", "People you follow (Orang yang Anda ikuti)", atau cuma yang diundang saja. 

7. Pastikan ada izin akses mikrofon ke Twitter di pengaturan smartphone kalian. Saat semua siap, tap tombol mulai "Start your Space." 

Hingga saat ini Twitter Space dapat diakses secara publik ke pengikut akun, setiap pembicara yang terlibat maka followersnya bakal mendapatkan notifikasi di bagian atas atau dekat navigasi Twitter Story. 

Jadi misalnya akun Jennie BLACKPINK lagi ikut pembicaraan sebagai Speaker / Pembicara di sebuah Twitter Space, maka semua followers Jennie dapat notifikasi Space di bagian Fleets berwarna ungu. 

Begitulah pembahasan tentang cara bergabung ke Twitter Space orang lain serta membuat ruang obrolan sendiri di Spaces fitur mirip Clubhouse yang bersifat lebih universal dapat diakses pengguna iOS, Windows dan Android.