Apakah Poco M3 Tahan Air dan Anti Debu?

apakah poco m3 tahan air debu

Tidak jarang sobat yang bertanya melalui grup Facebook mengenai apakah Poco M3 anti air dan tahan debu? Apa jenis sertifikasi yang terdapat pada smartphone ini? Lalu siapa saja yang sudah menguji cobanya untuk membuktikan hal tersebut. 

Poco M3 ponsel yang dirilis akhir 2020 silam ini memiliki varian RAM 4GB & 6GB dan memori internal 64GB - 128GB. Apalagi teknologi UFS 2.1 dan 2.2 yang disematkan juga bisa membuat ponsel itu membaca data lebih cepat. 

Bicara soal bodi bagian depan berbahan dasar kaca yang dilapisi pelindung bernama Corning Gorilla Glass 3. Sementara di sisi belakang menggunakan plastik, lalu dengan bahannya itu apakah Poco M3 sudah tahan air atau anti debu? 

Seorang pria asal India di Instagram menghebohkan pengguna smartphone sub-brand Xiaomi itu. Ia klaim Poco M3 sudah tahan air usai melakukan uji coba langsung sendiri, dia pun mengunggah video lewat Insta Story berdurasi 10 detik. 

1. Baik pihak Xiaomi dan Poco tidak menyertakan atau mencantumkan bahwa Poco M3 tahan air. 

2. Untuk bisa dibilang memenuhi syarat tahan air dan debu, sebuah smartphone wajib memiliki sertifikasi khusus berupa IP67 atau IP68 Waterproof / Water Resistant. 

3. Poco M3 tidak mendukung kedua sertifikasi tersebut. Artinya ponsel ini belum bisa dikatakan anti air dan tahan terhadap debu. 

4. Pengguna tidak disarankan dengan sengaja memasukkan Poco M3 ke dalam wadah berisi air. 

Jika sobat memang penasaran dan secara langsung memasukkan HP ini ke dalam air, maka ada kemungkinan tidak dapat klaim garansi. Mungkin dapat diperbaiki namun bukan menggunakan status garansi ya. 

Smartphone mid-range dan entry-level memang masih jarang yang dibekali sertifikasi IP67 atau IP68 sebagai bukti bahwa sebuah perangkat sudah tahan air dan debu. Namun bukan tidak mungkin ke depannya semua ponsel punya fitur ini.

Sekian penjelasan mengenai apakah Poco M3 tahan air dan anti debu, sekiranya ke depannya untuk mencegah kerusakan smartphone jangan langsung mempercayai hasil uji coba yang dilakukan orang lain.