Skip to main content

AKB48 Tidak Diundang NHK Kouhaku, JKT48 Hampir Bubar

akb48 nhk kouhaku uta gassen 2020


Kabar kurang menarik datang dari Jepang, AKB48 tidak akan menghadiri acara bergengsi tahunan NHK Kouhaku Uta Gassen 2020 pada Desember nanti. Ini tentunya menjadi sebuah kekecewaan besar bagi 48 Group dan para sobat wota sekalian yang menantikan momen itu.

Ya, karena bukan cuma AKB48 saja, melainkan 48 Family lainnya baik dari dalam dan luar Jepang tidak mendapatkan undangan. NHK Kohaku merupakan program musik idaman semua musisi di Jepang. 

Bahkan saking tingginya gengsi, semua grup musik, penyanyi, seniman, musisi berlomba-lomba mencetak prestasi sepanjang tahun itu agar bisa tampil dan membanggakan semua orang yang dapat mereka banggakan, seperti keluarga, teman dan para penggemar. 

Tahun ini ada sekitar 42 musisi baik boyband, idol group, penyanyi solo, grup band diundang ke NHK Kouhaku Utagassen ke-71. Beberapa diantaranya termasuk Sakamichi Series yakni Nogizaka46, Sakurazaka46 dan Hinatazaka46. 

Tidak adanya nama AKB48 dan 48 Group lain membuat catatan rekor 10 tahun berturut-turut kini lenyap. Ya, AKB dan sister groupnya berhasil menorehkan sejarah tampil di NHK Kohaku Uta Gassen sejak 2009 sampai terakhir 2019.

Ungkapan rasa kecewa bertebaran di media sosial. Mantan anggota SNH48 dan SKE48, Miyazawa Sae mengeluarkan pendapatnya terkait tidak diundangnya AKB48 Group. 

Wanita yang kini jadi model majalah gravure itu mengatakan bahwa AKB48 harus introspeksi diri dan berbenah untuk dapat kembali tampil di NHK tahun depan. 

"Saya baru cek tim merah dan putih yang berpartisipasi. Tapi.. ya sudah, tidak apa-apa. Saya pikir ini harus dijadikan titik balik supaya semua orang bisa kembali bangkit. Semua ada saatnya." kata Sae Miyazawa. 

Untuk Sakamichi Group sendiri ketiga grup itu berada di tim merah (Red Team). Memang bisa dibilang 48 Group sedang tidak berada di masa-masa indahnya, mungkin bagi banyak grup lain juga. 

Apalagi JKT48 juga harus lakukan restrukturisasi yang mengharuskan mereka mengurangi jumlah member dan staf. Membatalkan debut semua anggota generasi ke-10. 

Selain itu, SGO48 di Saigon terpaksa menunda pembukaan teater SGO Station besar-besaran hingga waktu yang belum ditentukan dan menunda audisi perekrutan member baru yang seharusnya sudah berlangsung.

Ada kalanya semua member 48 Group mengingat ucapan Yasushi Akimoto, pendiri AKB48, beberapa tahun lalu mengirimkan pesan kepada anggota 48 Family. 

"Mungkin kalian menyadari kalau akhir-akhir ini Nogizaka46 dan Keyakizaka46 punya momentum lebih baik. Tapi kalian (AKB48 Group) masih punya teater, kalian harus melakukan yang terbaik di sana (theater)." ucapnya. 

Seolah menegaskan kalau semua personel AKB48 Group tidak boleh lupa dengan asal muasal dan selalu dapat memanfaatkan kelebihan yang ada. Apalagi Sakamichi Series memang berbeda konsep dan tidak memiliki theater sendiri dibanding 48 Group keseluruhan.