--> Skip to main content

Cara Setting Kamera Poco M3 Memaksimalkan Pengaturan Terbaru

cara pengaturan kamera poco m3


Tips pengaturan kamera Poco M3 agar hasil foto lebih jernih maksimal dan mirip seperti DSLR dengan kualitas bagus, menghindari blur, menghilangkan noise dan menambahkan tulisan watermark pada HP. 

Xiaomi Poco M3 dirilis dengan menggunakan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 yang memiliki fabrikasi 11 nanometer. Mengapa chip berpengaruh? Karena semakin canggih prosesor, makin bagus teknologi ISP (Image Signal Processor). 

Maksudnya, chipset punya peran penting juga pada pemrosesan hasil jepretan kamera sebuah Smartphone. Tak terkecuali Poco M3, yang telah dibekali tiga kamera belakang dengan penempatan vertikal. 

Bagi sobat yang penasaran mungkin ingin tahu bagaimana cara setting kamera Poco M3 agar hasilnya lebih baik walau tanpa menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Camera alias Gcam. 

Namun agar tak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya simak fakta dan mitos yang sering menjadi perdebatan pengguna HP Android di grup Facebook. 

1. Resolusi - Poco M3 memiliki tiga lensa utama dengan resolusi masing-masing 48MP berfungsi sebagai Wide-angle, 2MP untuk kamera macro dan 2MP lagi fungsinya buat Depth-sensor. 

Harap dipahami bahwa, besar kecilnya angka megapiksel bukanlah jaminan kamera tersebut akan menghasilkan foto yang bagus. Memang berpengaruh, tidak dapat dipungkiri, tapi ada faktor lain yang tentunya ikut mempengaruhi hasil gambar. 

Inilah kenapa banyak orang mulai dari reviewer kelas dunia, pengalaman pengguna, mengatakan kalau kamera 12 MP milik iPhone kerap menghasilkan foto yang lebih baik dibanding 40MP di ponsel Android. 

Faktanya seperti yang sudah dikatakan tadi, selain besaran megapiksel, chipset, kemudian ada lensa bukaan aperture yang juga punya andil dalam memproses gambar. 

2. Software dan Fitur - Apakah sobat sering mendapatkan banyak "Noise" saat memotret memakai Poco M3, khususnya di malam hari? Nah, software atau peranti lunak pada kamera pun ikutan berpengaruh.

Misalnya, di beberapa brand ada smartphone yang kameranya punya fitur khusus untuk menghasilkan foto yang bagus pada malam hari atau kondisi minim cahaya (Lowlight). Baik berupa Night Mode, Nightscape milik Realme, atau Super Night Selfie di Vivo. 

Siapa yang pernah mengetahui kata "OIS" dan "EIS" kepanjangannya Optical Image Stabilization serta Electronic Image Stabilization, keduanya memiliki manfaat untuk stabilitas rekaman video dan gambar. 

Jadi jangan salah paham kalau ada yang bilang hasil kamera Poco M3 jelek, kurang bagus, padahal resolusinya tinggi, banyak faktor yang mempengaruhinya, dan tentunya faktor terakhir ada pada "Siapa" yang mengendalikan ponselnya. 

Karena kamera HP zaman sekarang bisa saja diubah jadi halnya kamera DSLR jika dipegang oleh mereka para profesional di bidang fotografi, seperti fotografer yang memahami istilah serta manfaat dari fitur kamera smartphone. 

Sekian pembahasan tentang pengaturan kamera Poco M3, sebuah ponsel yang unik dan menjadi idaman baru khususnya para Mi Fans yang telah lama menantikan kehadiran HP ini.