--> Skip to main content

Kamera Redmi Note 9 Pro Muncul Debu dan Cara Menghilangkan

kamera xiaomi redmi note 9 pro debu

Salah satu permasalahan yang paling sering dialami pengguna perangkat Xiaomi Redmi Note 9 Pro adalah munculnya debu di dalam lensa kamera belakang. Masalah kamera berdebu ini baru terjadi mengingat seri sebelumnya tidak ada kasus demikian.

Dalam grup Facebook dan Mi Community setidaknya hampir setiap hari pengguna mengeluhkan bahwa kamera belakang Redmi Note 9 Pro ada debu. Untuk debunya sendiri bermacam-macam dan kebanyakan halus, kecil, kotor.

Debu yang masuk akan sangat terlihat apabila difoto menggunakan kamera ponsel lain dan dengan lampu Flash menyala. Hingga kini tidak dapat dipastikan apa penyebab utama kemunculan pasir debu kotor di kamera Redmi Note 9 Pro.

Ada kemungkinan berdasarkan asumsi publik, terdapat celah pada sisi kamera belakang sehingga menimbulkan debu dan kotoran lain yang mudah masuk.

Dalam hal ini mereka menduga adanya kesalahan pabrik selama proses perakitan yang kurang rapi menyebabkan sela-sela menuju lensa kamera berdebu makin berantakan.

Untuk solusi hal ini memang sulit mengingat melibatkan komponen peranti keras yang harus dibersihkan, tapi sobat bisa mencegah supaya tidak kemasukan debu kamera Redmi Note 9 Pro.

1. Gunakan case yang bisa melindungi bagian kamera belakang seperti Nillkin atau Spigen. Jadi pada sisi kameranya bisa buka tutup.

2. Pasangkan pelindung kamera belakang khusus Xiaomi Redmi Note 9 Pro yang banyak dijual di mal online, harga bervariasi ada yang Rp5 ribuan hingga 20 ribu rupiah.

3. Jaga selalu kebersihan bagian belakang bodi Smartphone.

4. Usahakan jangan asal menaruh ponsel di sembarang tempat, maka dari itu disarankan memakai antigores kamera supaya tidak mudah terpapar debu dan kotoran lain.

5. Bersihkan rutin bagian bodi belakang Redmi Note 9 Pro sebagai langkah pencegahan masuknya debu.

Apabila sudah terlanjur berdebu kamera Redmi Note 9 Pro kami sarankan klaim garansi jika memang bisa dan masih aktif. Nanti akan dibantu dibersihkan oleh tim teknisi Xiaomi.