--> Skip to main content

Cara Menyimpan File di Google Classroom Android dan iOS

cara menyimpan file google classroom

Berikut panduan tentang bagaimana cara simpan file dari Google Classroom ke HP Android dan iOS iPhone. Para siswa siswi yang tampan serta cantik, tetap di rumah selama perintah terus berlangsung dengan belajar yang rajin juga dengarkan apa yang dijelaskan oleh guru atau dosen.

Salah satu layanan yang banyak digunakan oleh pelajar mau pun pengajar adalah Google Classroom. Tidak sedikit para guru yang mengunggah materi pelajaran melalui platform gratis milik Google itu.

Namun kadang kita kurang begitu fokus menyerap materi yang diberikan, oleh karenanya ada baiknya menyimpan file Google Classroom ke HP baik Android atau iOS/iPhone.

Nanti setelah disimpan bisa dipelajari lagi kapan pun, makanya dari sekarang amat disarankan untuk sebaiknya menyimpan video Google Classroom di Android dan iPhone atau berkas dokumen tertentu.

Untuk itu kami berikan tips agar semakin mudah simpan file dari Classroom ke Smartphone secara gratis tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Pastikan koneksi internet stabil, lalu tutup semua aplikasi lain yang terbuka. Hanya buka Google Classroom saja.

2. Kemudian login atau masuk ke ruang kelas sobat yang sudah dibuat.

3. Lalu tap di postingan guru/dosen yang terdapat materi pelajarannya.

4. Selanjutnya klik Lampiran File yang diupload oleh guru.

5. Lihat pada pojok kanan atas, tap pada tulisan Buka.

6. Selanjutnya ikuti petunjuk untuk menyimpan file ke smartphone.

7. Selesai, proses penyimpanan file Classroom ke HP telah berhasil dilakukan.

Sebaliknya bagi sobat yang berprofesi sebagai guru, cukup klik lampiran tugas yang diunggah murid di Google Classroom. Buka di tab baru dan tap ikon panah arah ke bawah maka secara otomatis akan tersimpan di ponsel.

Untuk mengecek file Google Classroom yang sudah disimpan cukup buka file manager, tiap brand smartphone berbeda. Tapi ada aplikasi bawaan dengan nama yang mirip seperti "File" atau "File Manager" di HP kalian.