--> Skip to main content

Cara Mengubah Gambar HEIC ke JPEG di MacBook dan Mac

gambar heic ke jpg jpeg png

Beginilah tips cara ubah format foto HEIC ke JPG, JPEG, dan PNG di MacBook atau Mac konversi gambar. iPhone dan iPad terbaru Apple menggunakan HEIC, codec gambar efisiensi tinggi, untuk menyimpan foto.

Format file ini disebut akan menjaga kualitas tinggi dan ukuran file tetap rendah, tetapi menyebabkan masalah ketika sobat mencoba untuk berbagi file-file ini.

Gambar HEIC tidak didukung secara luas, jadi tidak setiap perangkat dapat membuka foto saat Anda mencoba membagikannya atau mengunggahnya ke situs web.

Sebelum Anda mengirim HEIC, sobat mungkin perlu mengubahnya. Diperlukan waktu untuk mengonversi foto dari HEIC ke JPEG.

Tetapi, jika Anda menggunakan MacBook, ada metode praktis menggunakan Automator yang memungkinkan Anda mengonversi foto Anda dengan satu klik.

Trik untuk konversi satu langkah ini adalah Automator, asisten otomatisasi untuk membuat alur kerja praktis di macOS.

Dalam contoh ini, kami akan membuat Tindakan Cepat (Quick Action) yang akan muncul pas Anda klik kanan pada file gambar yang ingin Anda konversi.

Berikut cara mengubah format gambar HEIC ke JPEG / JPG / PNG di MacBook dan Mac:

1. Buka aplikasi bernama Automator pada MacBook.

2. Pilih menu Quick Action untuk semua jenis dokumen yang akan dikonversi.

3. Kemudian klik tombol Choose, di sebelah kiri adalah panel dengan galeri yang berisi semua opsi yang tersedia. Di sebelah kanan adalah panel tempat Anda akan membangun alur kerja.

4. Di bagian atas, cari Workflow menerima saat ini dan pilih opsi file gambar. Biarkan sisanya dengan pengaturan default.

5. Di panel paling kiri di bawah Pustaka (Library), klik pada Foto (Photos) untuk melihat hanya tindakan yang tersedia untuk mengganti file gambar di aplikasi Pratinjau/Preview.

6. Pada panel berikutnya tempat tindakan terdaftar, gulir ke bawah, dan cari Ubah Jenis Gambar (Change Type of Images). Pastikan Anda memilih satu dengan ikon untuk Pratinjau.

7. Jika Anda memiliki aplikasi lain seperti Pixelmator yang diinstal, Anda dapat memilih aplikasi pihak ketiga. Lihat saja ikon aplikasi di sebelah Ubah Jenis Gambar.

8. Klik Ubah Jenis Gambar (Change Type Images) dan seret ke panel alur kerja di sebelah kanan.

9. Klik Tambah untuk mengonfirmasi penambahan. Tombolnya sekarang di Workflow Anda.

10. Ubah tipe file dari format standar TIFF ke JPEG dan ubah lokasi folder dari Desktop default ke folder lain jika Anda mau.

11. Untuk mulai menggunakan aplikasi Automator, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik File dan kemudian Simpan/Save - berikan nama yang mengidentifikasi fungsinya, seperti "Konversikan ke JPEG (Convert to JPEG).".

12. Setelah menyimpan foto, Anda dapat membuka Finder, klik kanan pada file gambar, dan Anda akan melihat folder Quick Action, Klik Konversi ke JPEG.

Selesai, proses cara konversi gambar HEIC ke JPEG/JPG/PNG pada MacBook dan Mac semua perangkat Apple sukses dilakukan berlaku buat iPod Touch, iPad Pro/Air/Mini dan iPhone. Silakan lakukan hal serupa untuk mengubah foto lainnya.