--> Skip to main content

Cara Mengatasi Sertifikat Prakerja Tidak Muncul di Akun

sertifikat prakerja tidak muncul di akun

Apabila sobat sudah dinyatakan lulus ketika ikut pelatihan online namun ternyata Sertifikat prakerja tidak muncul di dalam dasbor akun, maka tidak perlu panik, karena sobat tidak sendiri. Banyak dari peserta pemegang kartu prakerja juga mengalami hal serupa.

Untuk itu kami mencoba mencari solusi cara mengatasi sertifikat pra kerja belum muncul dan tidak kunjung tersedia di dashboard. Karena sayang banget setelah lelah menghabiskan waktu dan tenaga buat mengikuti kursus yang disediakan, begitu lulus malah tidak ada sertifikat.

Bagi mayoritas pengguna, fungsi sertifikat prakerja itu penting bukan hanya dijadikan bahan pajanga atau cuma dipamerkan ke media sosial. Publik melayangkan keluhan dan kendala kepada lembaga yang bersangkutan mengapa sertifikat prakerja tidak muncul di akunnya.

Penyebab Kenapa Sertifikat Prakerja Tidak Muncul

Meski faktor utamanya sudah terkuak, tapi kita tidak dapat mengambil kesimpulan hanya dari satu sisi saja. Ada banyak alasan mengapa sertifikat pra kerja tidak muncul di dashboard.

Pertama, dugaan awal karena masih dalam pemrosesan. Setelah dinyatakan lulus pelatihan daring biasanya seseorang berhak menerima sertifikat kelulusan prakerja. Tapi bisa jadi semua sertifikatnya masih diproses oleh pihak yang bersangkutan.

Kedua, butuh waktu sinkronisasi antara sistem platform Skill Academy dan database prakerja. Anggaplah sertifikat sobat sudah dibuat dan selesai, namun ketika dilakukan input ternyata ada gangguan yang membuat sertifikat kartu prakerja tertunda untuk tampil di akun.

Wajar apabila pengguna merasa kebingungan, karena di dasbor akun tertulis sudah dapat diambil tapi ketika ditekan tombolnya malah tertulis 0 (Nol) tidak ada apa-apa. Jadi kesimpulan utamanya adalah, kita memaklumi dulu mengingat Prakerja masih sangat baru dikembangkan.

Kemungkinan adanya keterlambatan penginputan data bisa saja terjadi, memang dibutuhkan kelancaran dan stabilitas layanan antar platform e-Certificate dan sistem Prakerja sehingga semua proses berjalan lancar.

Akhir kata tidak ada yang dapat sobat lakukan selain menunggu pihak berwenang buat mengatasi sertifikat kartu prakerja tidak muncul pada akun dan silakan cek berkala demi memastikan sertifikatnya sudah tersedia.