Skip to main content

Cara mengatasi headset tidak keluar suara di hp realme

headset hp realme tidak ada suara

Tips dan trik bagaimana cara memperbaiki earphone di hp realme tidak mengeluarkan suara audio. Sebagai pengguna realme yang mencintai slot lubang Jack Audio 3,55mm tentunya menggunakan earphone wired (berkabel) masih sangat dibutuhkan ketika TWS Earbuds bermasalah sama ketahanan daya baterai.

Apalagi ditambah proses charging earphone wireless itu memakan waktu tidak sebentar, maka solusi alternatif kita kembali lagi atau bertahan di headset yang menggunakan kabel.

Tinggal colok ke Jack Audio maka selesai, putar musik di Spotity Joox, nonton video YouTube, streaming film di netflix semua aman dan nyaman tanpa harus nunggu proses cas dulu.

Tapi Wired Earphone juga bukan tanpa masalah, apa jadinya jika headset yang kita gunakan ternyata justru menimbulkan persoalan baru. Misalnya headset tidak terbaca / nggak terdeteksi, atau ikon muncul dan berhasil tersambung namun gagal menghasilkan suara.

Ya, banyak sekali yang mengalami kerusakan seperti ini. Jika sobat salah satu yang mendapatkan kendala headset di hp realme tidak keluar suara, ikuti langkah solutif berikut berdasarkan pengalaman pribadi.

Metode pertama dengan cara restart hp, tapi sebelumnya cabut dulu headset yang terpasang pada ponsel. Ini demi menghindari rusaknya komponen lain di dalam perangkat handphone.

Setelah berhasil reboot / restart, maka coba kembali pasang earphone lalu putar video atau musik lagu apa saja untuk tes uji coba. Kalau sukses, selamat. Sebaliknya apabila gagal, maka wajib lanjut ke langkah kedua.

Cara memperbaiki headset realme tidak mengeluarkan suara berikutnya adalah hampir sama seperti metode pertama tadi, mirip lah ya. Cuma kali ini kita jangan mencabut headsetnya, tetap diamkan terhubung ke jack audio hp lalu restart.

Trik kedua tersebut merupakan hasil percobaan salah satu pembaca, dan rupanya sukses. Nah, untuk menghindari ini terjadi lagi maka di lain waktu jangan matikan hp / restart ponsel ketika earphone masih terkoneksi.

Solusi di atas tadi berlaku buat hp realme berikut:

Realme C1
Realme C2
Realme C3 / C4 / C5 / C6 Pro
Realme 2 Pro
Realme 3 Pro series
Realme XT / X / U1
Realme 5 Pro / 5i / 5s
Realme 6 Pro / 6i
Realme X2 Pro / X50 5G

Bahkan bisa juga buat perbaiki masalah serupa di hp android merk lain seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Asus, Infinix, Advan, Nokia, OnePlus, Sony Xperia, dan brand iOS Apple iPhone / iPad.

Belum diketahui apa penyebab headset realme tidak mengeluarkan suara, ada kemungkinan terdapat masalah pada lubang jack audio yang semakin longgar. Kenapa demikian?

Dengan colok dan cabut / lepas pasang headset lebih sering setiap hari tentunya akan mengurangi fleksibilitas jack audio, maka ada waktu dimana earphone justru baik-baik saja namun konektor di dalam Smartphone tidak berfungsi dengan baik.

Makanya agar hati-hati dalam pemakaian keseharian kita, ada baiknya jangan terlalu gegabah dan perlakukan selalu Smartphone sebagai barang berharga yang harus dijaga & dirawat dengan baik. Karena yang namanya barang elektronik selalu berpotensi mengalami error & rusak, semahal apa pun itu produk.

Sekian dulu tutorial Cara mengatasi headset tidak keluar suara di hp realme, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan jangan ragu sampaikan nanti akan dibantu sebisa mungkin.