--> Skip to main content

Memperbaiki kartu memori tidak terdeteksi di HP Realme C3

microsd realme c3

Mungkin sobat sudah tahu kalau semua hp realme mendukung slot microSD card setidaknya sampai artikel ini dibuat. Termasuk kartu memori eksternal realme C3 yang bisa digunakan tinggal masukkan kartunya dengan kapasitas maksimal 256GB saja sudah lumayan cukup.

Biasanya pengguna yang butuh MicroSD Card itu ponsel android dengan spesifikasi internal storage 64GB atau di bawahnya. Harap maklum, zaman sekarang ukuran aplikasi sangat besar dibanding dulu, belum lagi foto dan video resolusi 720p saja durasi 5 menit bisa ratusan MB.

Makanya kita masih membutuhkan triple slot SD Card di ponsel Android, kalau iOS atau iPhone dari dulu memang tidak disediakan oleh Apple tempat buat memasang kartu memory.

Tapi apa jadinya jika ternyata microsd card tidak terbaca pada realme C3 seperti yang teman kami alami? Nah, disini kita bakal membahas lebih dalam sekaligus mencari solusi utama mengatasi kartu memori yang gagal terdeteksi sama sekali.

Cara mengatasi MicroSD Card Realme C3 tidak terbaca

Pengguna harus waspada jika sewaktu-waktu kerusakan kartu memori terjadi di realme c3, ini pernah dialami user realme 5 Pro, X2 Pro, 3 Pro, U1, C1 dan C2 realme 7 Pro juga. Biasanya ada beberapa penyebab yang jadi alasan mengapa SD Card tak terdeteksi.

Penyebab utama yaitu SIM Tray mengalami permasalahan seperti longgar, tidak lagi sesuai posisinya ketika ditekan masuk ke slot sehingga yang seharusnya chip kuningan MicroSD bersama SIM Card dipindai hardware di dalam motherboard malah tidak muncul sama sekali.

Error begini biasanya diakibatkan penggunaan yang terlalu ceroboh. Misalnya sering buka tutup SIM Tray, melepaskan kartu provider/memori tanpa hati-hati, bisa juga karena memang malfungsi yaitu ada kesalahan pabrik.

Apabila kamu merasa jarang banget buka slot SIM Tray terus masih ada garansi, sangat disarankan mending klaim garansinya ke Service Center buat perbaiki realme C3 SD Card tidak terbaca oleh sistem.