--> Skip to main content

Kamera iPhone SE 2020 Kalahkan Kualitas iPhone 11 Pro Max?

iPhone SE 2020 (generasi ke-2) dapatkan sambutan yang luar biasa untuk sebuah smartphone. Dengan harga dua kali lipat lebih murah daripada iPhone 11 Pro Max dan kadang-kadang bahkan lebih sedikit kalau cari penjual yang tepat, Anda dapat merasakan iPhone dengan prosesor A13 terbaru dan terhebat dari Apple seperti iPhone 11 series.

Tetapi sebelum Anda mengambil risiko, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa bagus kameranya pada iPhone SE baru untuk tahun 2020. Seorang YouTuber menguji dua ponsel - iPhone SE generasi ke-2 dan iPhone 11 Pro Max - untuk mengetahuinya.

Spesifikasi Kamera

Salah satu alasan utama orang beralih ke iPhone adalah kamera yang bagus meski resolusi megapiksel kecil, dan ini adalah salah satu area yang tertinggal pada generasi ke-2 iPhone, setidaknya di atas kertas.

Berbeda dengan iPhone 11 Pro Max, yang dirilis dengan sistem tiga lensa kamera 12MP - Ultra Wide (ƒ / 2.4 aperture), Wide (ƒ / 1.8 aperture) dan telefoto (ƒ / 2.0 aperture), iPhone SE 2nd generation hanya ada satu kamera lebar 12MP (ƒ / 1,8 aperture), dan ini kamera yang lebih tua.

Lensa tunggal ini dibantu oleh prosesor A13, yang membantu dalam pemrosesan gambar dan membawa fitur-fitur canggih seperti Mode Potret dan Smart HDR ke kedua ponsel.

Foto Standar

Di bawah kondisi pencahayaan standar - cahaya yang cukup dan bayangan minimal, iPhone SE 2020 dapat bertahan melawan iPhone 11 Pro Max. Sulit untuk membedakan antara kedua ponsel saat memotret dalam kondisi ideal ini.

kamera iphone se 11 pro max

Saat Anda mulai kena bayangan, kedua ponsel menggunakan Smart HDR untuk mencegah piksel yang berlebihan dan kegelapan yang terlalu jenuh.

Dalam kebanyakan kasus, baik iPhone SE generasi ke-2 dan iPhone 11 Pro Max menangani bayangan dan area yang terang benderang dengan sangat baik.

iPhone SE 2020 cenderung memiliki highlight lebih banyak dan area yang sedikit lebih gelap dari iPhone 11 Pro Max, tetapi perbedaan ini tidak begitu kentara.

Ini paling jelas bagi mereka yang memiliki mata yang cerdas dan membandingkan foto antara kedua ponsel secara berdampingan.

Jika Anda melihat gambar dari iPhone SE tanpa membandingkan, Anda kemungkinan besar akan sangat senang dengan kualitas dari iPhone SE 2020.

iPhone 11 Pro Max memiliki kelebihan utama karena terdapat lensa telefoto yang memungkinkan Anda memperbesar subjek lebih dekat daripada yang Anda bisa dengan iPhone SE generasi ke-2.

Dengan iPhone SE 2020 Anda akan mulai mendapatkan noise ketika Anda memperbesar foto terlalu banyak sehingga Anda akan memilih ke dalam pemotretan gaya makro.

Untuk foto jarak dekat yang tidak menggunakan lensa makro, kedua ponsel menghasilkan bidikan yang sangat mirip.

iPhone SE 2020 dan iPhone 11 Pro Max memiliki peringkat yang sangat baik dalam hal potret. Keduanya menangkap wajah seseorang dengan efek blur background yang halus, dan keduanya juga mendukung mode pencahayaan yang berbeda sehingga Anda dapat mengubah bagaimana foto itu muncul.

Perhatikan bahwa Mode Potret pada iPhone SE 2020 hanya bisa aktif dengan manusia sebagai obyek dan tidak akan otomatis aktif ketika memotret hewan atau benda. Ini adalah kelemahan yang signifikan, terutama bagi seseorang yang suka memotret hewan peliharaan mereka.

Foto potret ini akan kehilangan efek yang menakjubkan ketika Anda mencoba untuk fokus pada sesuatu selain wajah manusia.

Narsis Selfie juga sangat sebanding antara kedua ponsel, tetapi iPhone 11 Pro Max memiliki sedikit keunggulan. iPhone SE 2 memiliki tampilan yang lebih lembut secara keseluruhan, sedangkan 11 Pro Max hadir dengan lebih banyak detail.

Nanti garis-garis pada wajah dan gumpalan rambut dengan iPhone 11 Pro Max yang tidak seperti yang didefinisikan pada iPhone SE 2020 akan terdeteksi sangat jelas.