--> Skip to main content

Cara Pendaftaran SSB Bina Taruna Rawamangun Jakarta Terbaru

ssb bina taruna cara daftar terbaru

Cara Mendaftar SSB Bina Taruna Rawamangun Jakarta - Menjadi pemain sepakbola memang harus mengasah skil dan keahlian individu. Minimal seorang calon pemain profesional harus memahami istilah serta teknik dasar dalam dunia sepakbola, oleh karenanya mereka wajib mendaftar ke Sekolah SepakBola (SSB) sejak dini.

Memang zaman sekarang SSB seolah terbagi menjadi beberapa kasta. Ada yang biaya pendaftaran murah, mahal, sangat mahal dan gratis sekalipun semua tergantung fasilitas, training camp, staf dan metode pelatihan. Biasanya yang harga di atas rata-rata itu stafnya atau pelatih dari luar negeri berpengalaman serta mantan pemain sepakbola berprestasi.

Kamu bisa mengikuti sekolah sepakbola dimana saja, karena pada dasarnya intensitas berlatih di SSB mana pun akan sama. Kembali ke diri masing-masing, kamu harus siapkan mental dan fisik tangguh. SSB yang mahal tidak menjamin kamu bisa menguasai dan mengeluarkan kemampuan terpendam.

Kita ambil contoh pesepakbola legendaris Bambang Pamungkas dari akademi Diklat Salatiga, Kurniawan Dwi Yulianto, Ravi Murdianto dan Septian David Maulana. Ada SSB Tulehu Putra di Maluku dinobatkan sebagai salah satu sekolah sepakbola terbaik karena kerap menghasilkan pemain Timnas Indonesia.

Sekolah Olahraga Ragunan juga penghasil pemain timnas terbanyak, mulai dari alumni pendahulu seperti Erol Fx Iba, Andritany, Egy Maulana Fikri, Kurnia Meiga, Ismed Sofyan, Zaenal Arifin, Ilham Jaya Kusuma, Gendut Doni. Seleksi masuknya ketat.

Cara Pendaftaran SSB Bina Taruna Rawamangun Terbaru

SSB Bina Taruna Rawamangun didirikan pada 11 November 1972, menjadi salah satu sekolah sepakbola terbaik di Provinsi DKI Jakarta. Selain karena biaya pendaftaran terjangkau dibanding SSB lainnya, di tempat ini pula sejumlah pemain bola legenda lahir.

Sebut saja Amarzukih, Atep Rizal, Bayu Gatra, Shahar Ginanjar, Supardi, Firman Utina, Hendro Kartiko, Eka Ramdani, Hasyim Kipuw, Riko Simanjuntak semua pernah mencicipi ilmu di Bina Taruna Rawamangun. Jumlah siswanya saat ini mencapai 924 bakat muda terdaftar keseluruhan kategori usia.

Berikut Syarat, Ketentuan dan Biaya Pendaftaran SSB Bina Taruna Rawamangun, Jakarta Timur sesuai jabaran pengalaman salah satu orangtua siswa yang kami tanya.

1. Usia

Terdapat batas usia yang ditetapkan untuk mendaftar di SSB Bina Taruna Rawamangun, minimal 7 Tahun dan umur maksimal 17 Tahun.

2. Syarat Administrasi

Kamu harus melengkapi syarat administrasi pendaftaran SSB Bina Taruna Rawamangun, antara lain:

Fotocopy Ijazah
Akta Kelahiran
Kartu Keluarga (KK)
Foto Berwarna Ukuran 3x4 sebanyak 3 Lembar

3. Biaya dan Fasilitas Awal

Setelah menyiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan, jangan lupa bawa uang daftar awal siswa baru sebesar Rp600,000,- . Biaya tersebut sudah termasuk iuran bulanan selama 2 bulan ke depan setelah mendaftar.

Siswa akan mendapatkan modal fasilitas berupa Tas Olahraga, Seragam Jersey Full Kit (Baju + Celana), Kaos Kaki, Jaket, Satu Bola, dan Tumbler minuman berlogo SSB Bina Taruna Rawamangun. Khusus siswa yang beli sepatu di Sekretariat akan dapat diskon pemotongan biaya pendaftaran.

4. Pelatih dan Staf

Staf serta pelatih yang bertugas di akademi SSB Bina Taruna Rawamangun ada mantan pemain bola Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam, ditemani eks Persija Jakarta Rachmat Affandi.

Sesekali siswa akan mendapatkan ilmu baru lewat kerjasama berbasis Coaching Clinic, yang mana mereka dilatih oleh pesepakbola tersohor Asia dan Eropa terkenal di dunia seperti Keisuke Honda (Jepang), Dan Petrescu (Chelsea Legend), sampai mantan pemain Persib Bandung, Nova Arianto.

5. Lokasi Latihan

Nantinya selama menimba ilmu, siswa SSB Bina Taruna akan berlatih di Stadion Bea Cukai Rawamangun, alamat: Jl. Bojana Tirta, Rawamangun, Jaktim, 13230. Sebulan setidaknya sekali, para murid dibawa ke luar kota untuk Training Camp melatih mental, teknik, dan fisik sesuai porsi usia.

6. Jadwal Latihan

Para siswa bakal digambleng skilnya, kapan sih? Berikut jadwalnya sesuai informasi berdasarkan ketua Sekretariat:

Senin dan Rabu (Sore)

Untuk Usia 13 s/d 16 Tahun
Jam Latihan, Pukul 14:00 - 16:00 WIB

Selasa & Kamis (Pagi)

Usia 7 Th sampai 16
Latihan Jam 07:00 - 09:00

Selasa & Kamis (Sore)

Usia 7 - 17 Tahun
Jam 15:00 - 17:00

Sabtu : 14:00 (Additional Time)
Minggu : 08:00 (Tambahan)

Tiap akhir pekan atau weekend di hari Sabtu dan Minggu memang jadwal latihan tambahan dan biasanya ada kunjungan pemain bola Indonesia (jika tidak ada jadwal kompetisi liga).

Prestasi SSB Bina Taruna tak kalah mentereng, mereka Juara 1 Ahmad Dhani Cup 2008, Piala SSB Garecs, Agum Gumelar Cup, SASCWO Bandung, Festival Sepakbola Zein Cup, Runner-up Piala Menpora Tingkat Nasional, Runner Up Liga Kompas Gramedia U-14.