--> Skip to main content

Cara Mengatasi OVO 400 Transaction Failed Error

ovo tidak berhasil error

Semalam saya harus membayar transaksi jual beli di toko fisik, namun ada kejanggalan yang tidak biasanya saya alami.

Ternyata gagal sukses dari notifikasi yang muncul di layar, kurang lebih begini tulisan itu "Tidak Berhasil. 400-Transaction Failed For Unknown Reason". "Saat ini transaksi Anda tidak dapat diproses, silakan mencoba kembali."

Awalnya saya pikir akun saya yang bermasalah, sempat tanya juga ke teman yang kerja di OVO lewat LINE. Tapi belum dijawab sampai sekarang setidaknya hingga artikel ini saya terbitkan. Orang sibuk bebas.

Saya cek di media sosial OVO, ternyata yang komplain soal masalah kegagalan transaksi bukan hanya satu-dua orang tapi banyak.

Karena jawaban admin Customer Service OVO yang membosankan kayak robot bales mention, dimintai detail nomor handphone via DM tapi lemot 4 jam kemudian baru direspon (rerata akun CS emang begitu ya), akhirnya saya coba cari solusi sendiri.

Cermati lagi kalimat permasalahan tadi, "for unknown reason" alias terjadinya error tanpa alasan yang jelas.

Artinya memang kesalahan ini belum terdeteksi oleh tim OVO seperti Bug System gitulah, sebab kalau memang bisa lebih spesifik dan diketahui mungkin notifikasi yang muncul bukan seperti itu, misalnya "Saldo Kurang", "Jaringan Bermasalah", "Sedang Maintenance" dan sebagainya.

Tapi karena "Unknown Reason" jadinya pengguna cuma bisa tebak menebak alasan & penyebab kenapa transaksi OVO gagal dilakukan.

Nah, langkah awal yang saya lakukan adalah dengan restart / reboot HP iPhone 8 Plus saya.

Tetap, masih terjadi kendala. "Oh mungkin install ulang." Saya uninstall aplikasi OVO dan menginstal kembali. Belum juga bisa. Saat itu juga saya yakin, ini mungkin sedang terjadi pemeliharaan sistem atau gangguan di pihak OVO, bukan salah ponsel saya. Karena teman yang pakai Android Samsung Galaxy Note9 pun mengalami hal serupa, dia mau selesaikan transaksi klien transfer ke bank BCA, BRI, BNI dan Mandiri.

Akhirnya saya bayar cash. Disaat mau transaksi produk digital top up ShopeePay, saya coba kembali setelah satu jam dan masih mendapati error itu.

Tapi disinilah saya bertemu dengan solusi ajaib, yap, saya hanya harus mengulang transaksi berkali-kali.

Jadi gini, kalau kamu juga merasa ada error saat transaksi persis seperti yang saya alami, maka cukup ulangi transaksinya itu.

Selama uang di akun OVO belum berkurang silakan terus mengulanginya, saya baru berhasil pada percobaan keempat.

Mungkin tips Cara Mengatasi OVO 400 Transaction Failed Error di atas bisa membantu para user yang sedang mengalami kendalanya, kalau ada yang mau tanya silakan komentar nanti dibantu jawab.