Skip to main content

Cara Mengatasi "Don't Cover Earphone Area" di HP Xiaomi

xiaomi jangan menutup area earphone

Ada warna Jingga atau Orange, salah satu permasalahan pada MIUI sejak dulu ada bug yang bikin notifikasi muncul di layar berupa tulisan "Jangan Menutup Area Earphone" atau "Dont Cover Earphone Area" ini terjadi lagi di Xiaomi Redmi Note 9 Pro MIUI 11.

Permasalahan ini belum dapat dipastikan penyebab utamanya, ada yang mengatakan akibat pengguna mengaktifkan mode saku, yang lain bilang karena memang permasalahan software harus diperbaiki dari Xiaomi.

Makin banyaknya pengguna yang mengalami permasalahan Redmi Note 9 Pro ini sampai mereka menanyakan langsung ke Alvin Tse, bos Xiaomi Indonesia yang sering terjun menanggapi komentar para Mi Fans.

Alvin bahkan bergabung di grup komunitas Xiaomi Redmi Note 9 Pro Indonesia (Unofficial) di jejaring sosial Facebook sekaligus ikut berdiskusi mengenai produk terbaru Xiaomi tersebut.

Nah, bagi sobat yang juga pernah mengalami hal serupa berikut cara memperbaiki Jangan Menutup Area Earphone pada HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro, mengatasi Dont Cover Earphone Area.

1. Dari Homescreen langsung masuk ke Pengaturan (Settings) dengan ikon roda gigi.

2. Setelah berhasil masuk ke Setelan, pilih menu Lock Screen (Pengunci Layar).

3. Gulirkan layar ke bawah hingga menemukan Pocket Mode atau "Mode Saku" pada bagian Others.

4. Kemudian langsung saja nonaktifkan mode saku, dengan menghilangkan Toggle biru menjadi putih geser ke kiri.

5. Selanjutnya tekan tombol Home atau back untuk menyimpan perubahan secara otomatis.

Seharusnya error yang menutupi layar dengan tulisan Jangan Menutup Area Earphone sudah tidak muncul lagi usai mengatur mematikan mode saku.

Beberapa orang menyebut Tempered Glass jadi masalah utamanya, sementara yang lainnya berkata harus menunggu update MIUI 12 terlebih dahulu. Demikian dulu panduan singkat memperbaiki Don't Cover Earphone Area di HP Xiaomi.