--> Skip to main content

Cara Main Game PS3 di Android iOS Pakai Emulator Dolphin

main game ps3 di android dolphin emulator

Popularitas Sony PlayStation 3 menjadi idaman bagi sebagian orang, namun di masanya, PS3 merupakan perangkat elektronik yang terbilang "Flagship" dan mahal ditambah daya tarik tidak sesuai dengan era PS2.

Tapi sekarang semakin berkembang kecanggihan teknologi membuat kita bisa main game PS3 di HP Android dan iPhone menggunakan Dolphin Emulator. Pasti tidak menyangka kan kalau saat ini sobat dapat memainkan game unggulan 10 tahun lalu di Smartphone.

Begitu juga dengan zaman PS2 dulu, siapa yang menyangka pada 2010 kalau kita nanti bisa main GTA San Andreas di genggaman ponsel? Semua itu sudah menjadi kenyataan, kemajuan teknologi menjawabnya.

Tapi sobat harus ketahui bahwa tidak semua game PS3 bisa dimainkan di Smartphone Android. Misalnya game berat seperti Red Dead Redemption atau GTA 5 yang cenderung membutuhkan spesifikasi tinggi.

Cara Memainkan Game PS3 di HP Android

1. Install terlebih dahulu Dolphin Emulator, cari di Google Play Store atau melalui situs web resminya.

2. Selanjutnya sobat butuh file game, ketik dengan kata kunci "GameCube (nama game)" di mesin telusur Google Search. Contoh: "Harvest Moon Game Cube" (tanpa tanda kutip).

3. Setelah terinstal mungkin file masih dalam format zip atau rar sehingga harus diekstrak dulu, install lagi aplikasi bernama ZArchiver buatan pengembang ZDevs di PlayStore.

4. Ekstrak ke folder khusus, biasanya berkas berisi game ekstensi .iso inilah yang harus diingat letak foldernya.

5. Kemudian buka Dolphin Emu, pada pojok kanan bawah tap logo tambah (+) dan cari file game yang format .iso tadi. Pilih kemudian buka, game seharusnya muncul dengan logonya.

Sampai di sini proses selesai, sekarang sobat dapat bermain game PS3 dan PS2 di Android menggunakan Dolphin Emulator. Jika ada kendala silakan sampaikan nanti dibantu sebisa mungkin.

Kenapa harus memakai Dolphin Emulator? Jadi emu ini buatan developer dengan nama yang serupa awalnya diperuntukkan bermain GameCube dan permainan Nintendo Wii di ponsel.

Namun sekarang sudah di-update lebih canggih, setelah pembaruan sobat bisa main game PS3 di Android. Baik Xiaomi, Samsung, Oppo, Nokia, Vivo, Advan, Huawei, Asus, OnePlus dan iPhone iOS.

Sekian tutorial cara main game PS3 di Android memakai Dolphin Emulator bisa juga untuk memainkan games PS2 dan PS1 secara gratis.