Skip to main content

Bagusnya Asus VivoBook S14 S433 Bawa Pengalaman Berbeda

asus vivobook s14 s433

Awalnya diluncurkan di ajang tahunan CES 2020, Asus VivoBook S14 S433 14-inci dan VivoBook S15 S533 15,6 inci kini dapat ditemukan di gerai ritel besar termasuk e-Commerce Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Erafone Store dengan harga bervariasi.

Laptop ini akan menggantikan model 2018 VivoBook S13 S330 dan S15 S530 dengan memperkenalkan desain yang lebih ramping dengan opsi prosesor kekinian.

Cara mudah untuk membedakan model-model baru dari generasi sebelumnya adalah tombol Enter yang dipangkas dengan gaya kuning.

Asus cenderung menyuntikkan lebih banyak warna ke beberapa tipe laptop seperti VivoBook untuk membuatnya lebih menarik secara visual bagi siswa dan untuk pelajar kembali ke sekolah.

SKU tambahan dengan Intel Ice Lake, Ryzen generasi ke-3, dan GPU GeForce MX diharapkan akan segera tersedia juga.

VivoBook adalah jajaran notebook tipis-dan-ringan Asus yang terjangkau, alternatif pilihan untuk jajaran ZenBook mereka yang lebih tinggi.

Kami telah meninjau banyak VivoBook selama bertahun-tahun dan telah mendokumentasikan evolusi mereka, hingga varian 2020 yang akan kami bahas dengan cepat dalam artikel ini, tersedia dalam 13 inci (S13 S33), 14 inch (S14 S433), dan 15" (S15 S533) ukuran berbeda.

Seri Asus VivoBook S 2020 ini menyempurnakan model 2019, dengan tampilan perangkat keras ke Intel 10th gen Comet Lake dan WiFi 6 nirkabel, baterai 20% lebih besar dan berbagai fitur menarik lainnya terkait untuk desain, keyboard, dan layar.

Betapapun nilainya, pengalaman saya dengan VivoBook rilisan 2019 membuat saya menginginkan panel yang lebih cerah dan berkualitas, lebih update dengan tuntutan dan harapan hari ini, sementara masa pakai baterai yang lebih baik dan kinerja pada konfigurasi dGPU adalah dua harapan saya yang lain dari seri baru.

Penting untuk menambahkan bahwa Asus tidak memilih untuk menempatkan chip Intel Core i7-10710U enam-inti dalam lineup ini, tetapi hanya quad-core i5-10210U dan SKU i7-10510U.

Sedangkan untuk hal yang bernilai, dengan pembaruan ke perangkat keras Comet Lake dan nirkabel Intel AXE, seluruh jajaran VivoBook 2020 kini sudah mendapatkan konektivitas WiFi 6 yang lebih cepat.

VivoBook rilisan 2020 akan lebih mengesankan dengan kecepatan dan kinerja jangka panjangnya, jadi ini bisa menjadi pembaruan yang disambut baik, asalkan Asus menjaga driver mereka dalam pengawasan dan mencegah segala jenis terputus dan masalah saat melanjutkan penggunaan laptop dari mode "Sleep" yang digunakan.

Di antara perubahan lain dari jajaran VivoBook S 2020 adalah: sedikit perubahan desain, dengan desain tutup-penutup dan dek interior mendapatkan tepi potongan berlian, dan logo potongan berlian di kap mesin; bahan aluminium sekarang digunakan untuk seluruh bodi laptop, termasuk bagian bawah; tapak yang sedikit lebih besar dan bezel yang lebih besar, untuk mengakomodasi panel baru yang terjangkau yang bersumber dari pabrikan yang berbeda dari sebelumnya.

Ada pula beberapa pilihan warna baru, sebagian besar IO telah dipindahkan ke sisi kiri, sementara sebelumnya sebagian besar di sebelah kanan dan memadati area mouse Anda; keyboard yang didesain ulang, dengan tombol  yang sedikit lebih besar dan tanpa bagian NumPad

Saya senang dengan pengalaman mengetik di VivoBook S14 S433, jadi mudah-mudahan, mereka tidak mengacaukannya di seri berikutnya; baik keyboard silver atau hitam, berdasarkan pilihan warna eksterior - pilih varian hitam jika mungkin, tombolnya lebih mudah dibaca karena kontras yang lebih baik; Enter-keyboard berbatasan kuning pada semua opsi warna.

Saya senang melihat beberapa perubahan yang diterapkan, tapi saya juga tidak terlalu peduli tentang beberapa bagian yang lain, seperti kuning itu tombol Enter.

Namun secara keseluruhan, Asus tentu saja berupaya meningkatkan produk mereka dari tahun ke tahun, dan itu patut dipuji. Saya juga menghargai tujuan mereka untuk membuat jajaran laptop Asus VivoBook lebih kompetitif.