--> Skip to main content

Apakah Oppo A53 Tahan Air dan Anti Debu atau Banting?

oppo a53 anti air tahan debu

Ada sobat kita penasaran tentang pembahasan HP Oppo A53 anti air dan tahan debu, tahan banting juga kalau bisa. Memang fitur andalan Waterproof atau Water Resistant sudah makin langka di ponsel.

Padahal kita ketahui banyak orang membutuhkan fitur tahan air di smartphone Android atau iOS. Kalau dulu mungkin IP68 dan IP67 hanya disematkan di HP flagship para brand terkenal, misalnya Samsung Galaxy S10, Huawei P30 Pro, OnePlus 5, Sony Xperia XZ.

Namun di negeri Tirai Bambu, kini fitur waterproof dan water resistant tengah jadi trending sebab HP di bawah 3 jutaan sudah punya sertifikasi rating IP68 dan IP67 yang populer tersebut.

Dalam dunia teknologi terdapat sertifikat IP 67 dan IP 68 yang menjadi penanda apabila sebuah smartphone & barang elektronik lainnya tahan terhadap air, debu & banting.

Lalu apakah Oppo A53 anti air dan tahan terhadap debu? Inilah yang jadi kontroversi sepekan belakangan, mari kita cek info faktanya berikut ini.

1. Fitur unggulan kelebihan Oppo A53 salah satunya layar 90Hz refresh rate, tapi tidak ada IP 68/67.

2. Kabar mengenai Oppo A53 tahan air viral usai seorang pengguna di India menguji coba serta hasilnya memuaskan, alias ponsel masih tetap berfungsi normal usai dicelupkan ke bak berisi air.

3. Hanya ada satu varian Oppo A53 yakni versi memori RAM 4GB dan Penyimpanan Internal Storage sebesar 64GB, meski dapat diperluas menggunakan slot MicroSD Card eksternal maksimal 256GB.

4. Faktanya, Oppo A53 tidak tahan air dan belum mendapatkan sertifikat rating IP68. Jadi jangan terlalu cepat percaya.

5. Situs web resmi Oppo, dan beberapa website ponsel besar seperti GSMArena tidak menyebutkan bahwa Oppo A53 anti air serta tahan banting.

Berbekal tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16MP (Wide), 2MP (Makro) dan 2MP (Depth) Oppo A53 dapat menghasilkan kualitas gambar yang lumayan bagus.

Apalagi sekarang telah menggunakan USB Type-C, kecepatan pengisian baterai pun ditingkatkan ke 18W serta screen on time batre tahan lama berkat kapasitas super jumbo 5000 mAh awet seharian penuh.

Sekian dulu pembahasan mengenai teka-teki apakah Oppo A53 tahan air serta anti debu & banting jawaban singkatnya tentu tidak, pastinya kita berharap semua HP Android dimasa depan dibekali sertifikasi tersebut.