--> Skip to main content

SnM: Seifuku no Me Setlist Theater JKT48 Terparah dalam Sejarah

snm jkt48 seifuku no me theater panggung

Dari sekian banyaknya setlist yang telah dibawakan oleh JKT48, mungkin Seifuku no Me (SnM / Tunas Di Balik Seragam) paling dihindari. Bahkan sangat tidak diinginkan penggemar jeketi para sobat wota yang budiman hingga sekarang.

Hal itu karena sejarahnya yang kelam, banyak mantan anggota JKT48 yang memutuskan lulus sebab sudah tidak diperbolehkan menari lagi. Penyebabnya? Banyak yang bilang SnM biang keladi.

Kesulitan teknik dan tarian yang terdapat pada lagu-lagu di setlist Seifuku no Me dianggap menjadi penyebab cedera member JKT48 selalu terjadi.

Sebut saja Puti Nadhira hingga Melati Putri. Mereka berdua terpaksa graduate dari JKT48 akibat sudah tidak boleh lagi melakukan gerakan tarian, inilah yang bikin fans jadi bingung.

Mereka tidak mau lagi oshimen lulus dari JKT48 begitu cepat akibat cedera yang disebabkan setlist SnM. Makanya banyak pihak menolak menonton Seifuku no Me demi member juga.

Sayangnya Tan Zhi Hui Celine mengusulkan Team T untuk tetap membawakan Seifuku no Me. Ia mengatakan kalau member tim T yang masih junior butuh pengalaman dan asah skil sehingga memilih SnM sebagai setlist teater.

Tentu wajar apabila fans protes keputusan dia. Mengingat SnM sudah tidak direkomendasikan, apalagi banyaknya member SKE48 yang pernah membawakan setlist SnM juga mengalami hal serupa.

Contohnya member legenda seperti Matsui Rena sempat cedera kaki usai menjalani pelatihan dan tampil baru dua kali di setlist Seifuku no Me.

Sangat normal bila penolakan terhadap setlist Seifuku no Me atau SnM JKT48 begitu mencuat lumayan di media sosial, itu karena fans tidak ingin member grad akinat setlist teater.